Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Sumber: BSTV

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Sumber: BSTV

Menhub: Konsorsium RI-Jepang Operasikan Pelabuhan Patimban Desember 2021

Selasa, 7 September 2021 | 18:33 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menargetkan konsorsium Indonesia-Jepang segera terbentuk dan mengoperasikan Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat mulai Desember 2021.

Hal tersebut merupakan salah satu hasil kunjungan Menhub ke Jepang untuk menemui sejumlah pejabat Negeri Sakura dan pihak terkait lainnya.

Dalam kunjungan Menhub ke Jepang, turut hadir Wakil Ketua DPR RI Rahmat Gobel beserta perwakilan dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi serta delegasi lainnya.

"Konsorsium akan melakukan kegiatan pertama kali di Pelabuhan Patimban pada Desember," kata Budi Karya Sumadi dalam konferensi pers secara daring dari Jepang, Selasa (7/9).

Dia mengatakan, pihak Indonesia sudah menyampaikan kepada perwakilan Jepang agar turut mendukung percepatan pembentukan konsorsium operator Pelabuhan Patimban dari kedua negara.  

"Jadi, konsorsium Jepang akan mengikuti apa yang akan kita sepakati. Tentu ini adalah kegiatan b to b (business to business) sehingga kaidah-kaidah bisnis harus diikuti. Jadi, mereka akan mulai pada bulan desember ini," ungkap Budi Karya.

Dia mengatakan, Pemerintah Jepang mendukung pengoperasian segera Pelabuhan Patimban dan mengajak perusahaan otomotif dan operator pelabuhan di Jepang membuat konsorsium bersama perusahaan Indonesia.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN