Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menteri Perhubungan Budi Karya.

Menteri Perhubungan Budi Karya.

Menhub Sambut Baik Pinjaman Sindikasi CRI untuk Proyek KA Makassar-Parepare

Kamis, 3 Juni 2021 | 18:28 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id   - PT Celebes Railway Indonesia (CRI) meneken perjanjian fasilitas sindikasi pinjaman berjangka senior dengan PT Indonesia Infrastructure Finance dan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) serta perjanjian  pembiayaan musyarakah mutanaqisah (MMq) dengan PT Bank Syariah Indonesia Tbk senilai total Rp 693 miliar. Pinjaman itu dalam rangka pelaksanaan proyek pembangunan prasarana Kereta Api (KA) Makassar – Parepare di Sulawesi Selatan.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyambut baik perjanjian pinjaman itu. Menurut dia, setidaknya ada empat hal yang dicapai pada perjanjian pinjaman dalam rangka mendukung pembangunan perkeretaapian di Sulawesi itu. Pertama, perjanjian pinjaman ini menandai pembiayaan kreatif di sektor perkeretaapian berkat dukungan juga dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Kedua, kita berhasil membangun kereta api yang dibangun swasta. Selama ini, pembangunan prasarana dilakukan oleh pemerintah. Akhirnya kita berhasil setelah ada amanat dari Undang-Undang No. 23/2007. Berarti 14 tahun sudah kita laksanakan," ungkap Menhub dalam konferensi pers penandatanganan perjanjian fasilitas sindikasi pinjaman berjangka senior serta perjanjian pembiayaan musyarakah mutanaqisah (MMq) di Jakarta, Kamis (3/6).

Lebih lanjut, Menhub mengatakan, perjanjian ini juga terjalin berkat kerja sama antara dua konsorsium, baik itu konsorsium pemilik proyek yang tergabung dalam CRI dan konsorsium pemberi pinjaman.

"Dan ini kerja sama begitu indah antara Kemenkeu dan kami (Kemenhub) yang all out.  Semua ini motivasi yang diberikan oleh Presiden. Jadi di masa Covid-19 ini tidak hanya diam tapi berpikir kreatif agar proyek tetap jalan," papar dia.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN