Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi Qontak Omnichannel. (Ist)

Ilustrasi Qontak Omnichannel. (Ist)

Omnichannel, Solusi Jaga Produktivitas Bisnis Selama Pandemi

Kamis, 29 Juli 2021 | 12:31 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - Di masa pandemi Covid-19, sebagian besar karyawan nonesensial dituntut bekerja dari rumah (work from home/WFH). Hal ini cukup menyulitkan mereka, terutama untuk pekerjaan yang bersinggungan dengan pelanggan.

Ada solusi untuk masalah tersebut, yaitu dengan bantuan platform digital seperti Qontak Omnichannel (Qontak.com), di mana semua karyawan tetap bisa bekerja secara optimal dari mana saja. Ini merupakan sebuah tren baru di kalangan bisnis yang masih ingin mempertahankan produktivitas, namun juga tetap menjaga keselamatan pekerjanya.

Brendan Rakphongphairoj, CEO Qontak by Mekari, menyatakan, sistem omnichannel dari Qontak menghubungkan saluran-saluran bisnis (Instagram, WhatsApp, Facebook, CRM, dan lainnya) pada platform terpadu. Qontak memungkinkan bisnis melayani pelanggan, mulai dari menjawab pertanyaan, pemesanan, penjualan produk, atau keperluan lainnya.

Berdasarkan survei Mandiri Institute 2021, sebagian besar usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia telah berpindah ke platform digital untuk memasarkan produknya. Platform yang mereka gunakan terdiri atas media sosial (40%), instant messaging (38%), platform e-commerce (13%), dan platform ride hailing (5%).

Semua saluran penjualan bisnis itu, kata dia, dapat dikelola dengan baik melalui sistem Qontak Omnichannel, termasuk memfasilitasi banyak admin untuk menangani permintaan pelanggan dari berbagai perangkat sekaligus melalui sistem perutean dan otomatisasi. Dengan begitu, bisnis dapat memperkuat kualitas pelayanan dan komunikasi pelanggan dengan lebih hemat biaya namun menghasilkan lebih banyak pendapatan.

"Oleh karena itu, sistem ini sangat cocok digunakan oleh bisnis Indonesia yang memiliki banyak saluran penjualan, terutama di saat WFH seperti sekarang. Hal ini membuat pekerjaan WFH seperti sekarang akan jauh lebih mudah dari biasanya," kata dia, Kamis (29/7/2021).

Qontak merupakan perusahaan omnichannel dan customer relationship management (CRM) terkemuka yang juga merupakan mitra bisnis resmi dari WhatsApp API dan messenger API dari Instagram. Solusi dari Qontak telah dipercaya 1.000 lebih perusahaan dari berbagai macam bidang di Indonesia, seperti Ajinomoto, Maybank, Telkom Indonesia, Akulaku, hingga UMKM dan online shop.

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN