Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Sejumlah pembicara tentang pemberdayaan UMKM oleh BUMN dalam webinar yang dihelat Ruang Energi

Sejumlah pembicara tentang pemberdayaan UMKM oleh BUMN dalam webinar yang dihelat Ruang Energi

Pandemi, Pemerintah dan BUMN Komitmen Berdayakan UMKM

Sabtu, 19 September 2020 | 22:48 WIB
Euis Rita Hartati (erita_h@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Pemerintah dan BUMN berkomitmen untuk membantu dan memberdayaan usaha kecil menengah mikro (UMKM), terutama di tengah kondisi sulit akibat pandemi covid-19 saat ini.

“Bukan hanya membantu permodalan, termasuk memberikan relaksasi kredit, Pemerintah melalui BUMN juga menjadi pembeli atau off taker produk UMKM di Indonesia,” kata Staff Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga dalam webinar, yang dihelat Ruang Energi di Jakarta, Sabtu (19/9).

Menurut Arya, kondisi real di lapangan sangat beragam dan tak bisa diatasi secara mudah. Butuh kearifan lokal, sekaligus memanfaatkan kondisi yang ada di sekitarnya.

Selain itu, kata dia, banyak kasus dihadapi pelaku UMKM di lapangan saat ini. "Oleh karenanya, harus ada inovasi dari Pemerintah Daerah juga untuk membantu mereka karena kondisinya memang sangat beragam dan butuh dibantu," papar Arya.

Saat ini ribuan UMKM menjadi binaan BUMN di Tanah Air. Contohnya seperti yang dilakukan Pertamina. "BUMN di Indonesia dibentuk dengan lima tugas. Yang paling dominan adalah membantu dan memberdayakan UMKM agar tumbuh optimal, terlebih di saat pandemi Covid-19," kata VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman.

Melalui bantuan permodalan Bright Gas, Pertamina telah mengucurkan dana sampai Rp22 miliar lebih. Dari program ini, telah membantu ribuna UMKM khususnya agen/ penyalur LPG. "Selain membantu menual produk Pertamina, keberadaan UMKM itu ikut menggerakkan ekonomi di daerah," cetus Fajriyah.

Saat ini, lanjut Fajriyah, saat ini lebih dari 4.000 UMKM binaan Pertamina. Pertamina memberikan bantuan permodalan, pemasaran bahkan membuka Pertamina Virtual Expo 2020 yang baru digelar kemarin. Seluruh UMKM unggulan dengan aneka produk ikut dalam event pemasaran kelas dunia itu.

"Hasilnya cukup luar biasa, dari ribuan UMKM ungulan binaan Pertamina yang ikut, mereka diminati pembeli dari mancanegara. Komitmen ekspor yang didapat dari event itu mencapai puluhan miliar rupiah," kata Fajriyah.

Bukan hanya itu, menurut Farjiah, Pertamina termasuk unit usaha di daerah juga membeli atau menadi offtaker aneka produk UMKM binaan. "Dengan begitu, roda usaha mereka tetap berjalan, dan likuiditas UMKM di daerah tetap normal dan bisa membuka lapangan kerja baru di daerah." papar Fajriyah.

Hal serupa juga dilakukan PLN. Menurut VP CSR PLN Ida Zubaedah mengatakan, bahwa di tengah kondisi sulit saat ini, pelaku UMKM harus tetap semangat, kreatif dan inovatif. Pelaku UMKM juga bisa memanfaatkan beragam fasilitas yang diberikan BUMN. Salah satunya yang diberikan PLN berupa diskon hingga 75%, selain bantuan rutin seperti pelatihan dan permodalan.

PLN aktif membantu UKMK baik melalui program PKBL atau CSR. Program tersebut tersebar di seuruh Indonesia, terutama di sekitar kantor atau unit usaha PLN. Selama tahun 2020, nilai bantuan untuk UMKM dari PLN mencapai angka Rp30,7 miliar.

Sementara itu, Advidor Pemberdayaan Masyarakat Geo Dipa Energy Yani Witjaksono mengajak masyarakat untuk membuktikan bahwa BUMN merupakan agen pelopor pembangunan dan pemberdayaan UMKM.

“Mari kita buktikan bahwa BUMN betul-betul sebagai agen pelopor pembangunan , termasuk menumbuhkembangkan UMKM,” katanya.

Editor : Euis Rita Hartati (euis_somadi@yahoo.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN