Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Pemprov Riau Gandeng Mbizmarket

Rabu, 28 April 2021 | 16:04 WIB
Edo Rusyanto (edo_rusyanto@investor.co.id)

Investor.id – Pemerintah  Provinsi (Pemprov) Riau menggandeng Mbizmarket dalam pemanfaatan  mbizmarket.co.id,  platform marketplace B2B (business-to-business) untuk pengadaan barang dan jasa kebutuhan Pemprov dengan nilai  belanja maksimal hingga Rp 50 juta per transaksi.

Kerja sama kedua pihak diawali penandatanganan Nota Kesepahaman Kerjasama oleh Rizal Paramarta, chief executive officer (CEO) Mbizmarket dan    Syamsuar, gubernur Riau, Rabu (28/4). Selanjut, kerja sama disahkan dengan penandatangan Perjanjian Kerja Sama pada hari yang sama.

“Kami sangat senang dan bangga terpilih untuk mendukung Pemerintah Provinsi Riau dalam melakukan transformasi digital pengadaan barang/ jasa di lingkungan pemerintah,” kata Rizal, dalam siaran pers, Rabu (28/4). 

Dia menambahkan, selain menghadirkan infrastruktur teknis untuk dukungan transaksi pemerintah dalam pengadaan barang dan jasa, Mbizmarket siap membantu pertumbuhan UMKM di Riau. Caranya, dengan membuka jaringan pasar bagi UMKM di  Riau untuk memperoleh akses menjadi penyedia bagi kebutuhan belanja barang/ jasa pemerintah, sekaligus membuka jalan bagi UMKM untuk menjangkau prospek pembeli baik dari kalangan pemerintah maupun swasta secara nasional.

“Kami juga akan membantu dan memberikan akses bagi UMKM di Riau untuk memperoleh permodalan,  melalui fitur layanan pinjaman yang ada di platform Mbizmarket, yang sudah dinikmati manfaatnya oleh banyak UMKM sejak tahun lalu,” kata Rizal.

Dalam mendukung pemerintah untuk melindungi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), sesuai UU No 20 tahun 2008 tentang UMKM yang mewajibkan pemerintah memberdayakan UMKM agar tetap menjadi salah satu pilar utama ekonomi nasional. Mbizmarket selama satu tahun terakhir ini, telah merekrut, memberikan akses untuk bergabung, dan melakukan pelatihan kepada ribuan UMKM di 5 provinsi dan lebih dari 30 kabupaten/ kota di seluruh Indonesia. 

“Pemerintah Provinsi Riau dalam hal ini berupaya menghadirkan solusi terhadap UMKM di Riau yang jumlahnya kurang lebih 191.778, di mana 37.027 berdomisili di Pekanbaru,  dalam pelibatan belanja pengadaan pemerintah dengan melakukan kolaborasi dengan e-marketplace untuk menyediakan flatform belanja digital (toko daring),” papar Syamsuar.

Dia mengatakan, potensi belanja pengadaan barang/jasa pemerintah bagi UMKM di Riau dapat mencapai Rp 715 milyar atau sekitar 40% dari total belanja pengadaan pemerintah pada 2021.  “Kerja sama antara Pemprov Riau dan Mbizmarket ini dilakukan untuk menghasilkan barang dan jasa yang berkualitas berdasarkan prinsip value for money dan kontribusi dalam peningkatan penggunaan produk Daerah, peningkatan peran usaha mikro, usaha kecil, dan usaha menengah,” ujar Syamsuar.

 

Editor : Edo Rusyanto (edo_rusyanto@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN