Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Sarang Burung Walet /Foto: Ist

Sarang Burung Walet /Foto: Ist

Pengusaha Sarang Burung Walet Minta Kemudahan Ekspor

Senin, 22 Maret 2021 | 13:11 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Perkumpulan Petani Sarang Walet Nusantara (PPSWN) memintah pemerintah segera mengeluarkan kebijakan kemudahan ekspor sarang burung walet (SBW) ke Tiongkok.

Sebab, saat ini, regulasi ekspor SBW dinilai menyulitkan dunia usaha.

Dewan Pembina PPSWN Benny Hutapea menuturkan, Indonesia adalah sentra komoditas SBW dunia, karena mampu memproduksi sekitar 80% dari pasar dunia.

Namun, regulasi ekspor kerap menyulitkan pemain komoditas ini.

Dia belum tahu, apakah regulasi yang tidak bersahabat ini diciptakan pemerintah atau ada agenda asing yang dimasukkan di dalamnya, sehingga membuat para pelaku usaha SBW Indonesia semakin terpuruk.

Benny mengapresiasi keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memacu ekspor dengan menyederhanakan regulasi. Keinginan Presiden ini seharusnya disambut dan dijalankan oleh seluruh jajarannya, terutama kementerian teknis.

Salah satu kesulitan ekspor SBW, kata dia, adalah kewajiban eksportir teregistrasi dengan teknis otoritas karantina Tiongkok, General Administration of Customs China (GACC) dan memiliki sertifikat ekspor sebagai eksportir terdaftar (ET-SBW).

Alhasil, hingga kini, belum ada ekspor SBW ke Tiongkok. “PPSWN berharap, pemerintah membuat terobosan untuk mempermudah ekspor SBW ke Tiongkok,” kata dia, Minggu (21/3).

Dia menambahkan, salah satu sumber pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah dari sumber kekayaan alam dan perdagangan.

Dengan demikian, guna menyelamatkan perdagangan Indonesia, PPSWN memintah pemerintah menerapkan perlakuan yang setara terhadap kegiatan ekspor SBW ke Tiongkok.

“Kami juga mendorong pemerintah untuk melakukan diplomasi perdagangan dengan Tiongkok supaya persoalan ini bisa diselesaikan sedini mungkin, sehingga para pelaku usaha SBW yang sudah mendaftar lolos dan bisa mengekspor,” ujar dia.

Sinergi kebijakan antarkementerian, kata dia, diharapkan dapat membantu mengatasi kendala ekspor SBW ke Tiongkok.

“Jangan hanya melihat soal teknis persyaratan yang menurut kami tidak rasional dari negara tujuan ekspor, tetapi perjuangkanlah kepentingan kami demi ekspor nasional yang meningkat,” kata dia.

Seharusnya, tegas dia, seluruh kementerian terkait saling bahu-membahu menjalankan apa yang disampaikan Presiden terkait kepentingan nasional terhadap komoditas ekspor Indonesia.

Editor : Eva Fitriani (eva_fitriani@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN