Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Presiden Joko Widodo (podium) resmikan jalan tol di Gerbang Tol Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, pada Kamis (1/4). (Sumber: Youtube-Setkab)

Presiden Joko Widodo (podium) resmikan jalan tol di Gerbang Tol Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, pada Kamis (1/4). (Sumber: Youtube-Setkab)

Presiden Resmikan Jalan Tol Serpong-Cinere

Kamis, 1 April 2021 | 12:02 WIB
Novy Lumanauw (novy@investor.co.id) ,Muawwan Daelami (muawwan@beritasatumedia.com)

TANGERANG SELATAN, investor.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, meresmikan Jalan Tol Serpong - Cinere Ruas Serpong - Pamulang dan Jalan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran di Gerbang Tol Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, pada Kamis (1/4).

“Alhamdulillah, pada pagi hari ini, Jalan Tol  Serpong – Cinere Ruas Serpong – Pamulang  yang mencapai panjang 10,1 km dan Jalan Tol Cengkareng – Batuceper – Kunciran, sepanjang 14,19 km telah selesai dan telah dapat digunakan,” kata Presiden Jokowi.

Ia mengatakan, jalan tol tersebut merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol JORR II untuk melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan metropolitan Jabodetabek dan akan melengkapi ruas tol JORR II di sisi barat.

Ruas Tol Serpong - Cinere  terdiri atas dua seksi, yakni Seksi I Serpong-Pamulang sepanjang 6,5 km yang sudah rampung serta Seksi II Pamulang -Cinere sepanjang 3,6 km. 86%. Pengusahaan ruas tol ini dilakukan oleh PT Cinere Serpong Jaya dengan biaya konstruksi Rp 2,1 triliun.

Sementara itu, Jalan Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran  yang akan dikelola  oleh PT Jasa Marga Kunciran Cengkareng, biaya konstruksinya mencapai Rp 1,96 triliun.

Jalan Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran terbagi atas empat Seksi, yaitu Seksi I (Kunciran - Tirtayasa) sepanjang 2,04 km, Seksi II (Tirtayasa - Benteng Betawi) sepanjang 3,52 km. Kemudian, Seksi III (Benteng Betawi - H.Sastranegara) sepanjang 6,57 km, dan yang terakhir, Seksi IV (H.Sastranegara - SS Benda) sepanjang 2,06 km.

Ruas tersebut akan dilengkapi lima Gerbang Tol (GT), yakni GT Kunciran, GT Tirtayasa, GT Buaran Indah, GT Tanah Tinggi, dan GT Husein Sastranegara. Selain itu juga dilengkapi juga tiga Simpang Susun (SS), yaitu SS Kunciran, SS Belendung, dan SS Benda.

“Pengoperasian jalan tol ini sangat dinantikan oleh masyarakat, terutama masyarakat Tangerang dan Tangerang Selatan, karena  dapat menjadi alternatif bagi masyarakat, khususnya masyarakat Jawa Barat dan Jakarta bagian selatan untuk menuju Bandara Soekarno-Hatta,” katanya.

Dampak Baik

Selain itu, lanjut Presiden Jokowi, jalan tol itu akan melancarkan mobilitas masyarakat, memecahkan kemacetan lalu lintas yang selama ini menumpuk di Ibu Kota Jakarta, dan melancarkan  mobilitas.

Hal tersebut akan berdampak  baik bagi Jakarta maupun kota-kota lain di sekitar Jakarta, serta melancarkan distribusi  barang yang dilalui jalan ini, sehingga menghemat waktu tempuh dan  menurunkan biaya logistik.

“Jalan tol tidak hanya menghubungkan antar wilayah atau antardaerah, tapi juga meningkatkan daya saing daerah, membangkitkan ekonomi di kawasan sekitarnya dan mempercepat pertumbuhan sentra-sentra ekonomi baru dan juga mengembangkan simpul-simpul pertumbuhan ekonomi yang produktif,” kata Presiden Jokowi.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi secara khusus  juga meminta pemerintah daerah untuk menjadikan infrastruktur Jalan Tol ini sebagai sebuah keunggulan dan modal penting untuk menarik investasi.

“Lebih banyak investasi yang datang agar lebih banyak usaha-usaha baru yang dikembangkan dan ini akan membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya,” kata Presiden Jokowi.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN