Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kunjungan kerja Menteri ESDM Arifin Tasrif bersama Dirut Pertamina (Persero) Nicke Widyastuti di proyek Proyek Pengembangan Gas Lapangan Unitisasi Jambaran-Tiung Biru (JTB).

Kunjungan kerja Menteri ESDM Arifin Tasrif bersama Dirut Pertamina (Persero) Nicke Widyastuti di proyek Proyek Pengembangan Gas Lapangan Unitisasi Jambaran-Tiung Biru (JTB).

Progres Capai 89%, Pertamina Optimistis Proyek Gas JBT Rampung 2021

Jumat, 23 April 2021 | 13:14 WIB
Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

BOJONEGORO, investor.id – Menteri ESDM, Arifin Tasrif berharap Proyek Pengembangan Gas Lapangan Unitisasi Jambaran-Tiung Biru (JTB) dapat memasok kebutuhan gas di wilayah tersebut. Hal ini disampaikan Menteri ESDM saat melakukan kunjungan kerja ke Proyek JTB yang dioperatori oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC) yang berlokasi di Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem, Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis (22/04/2021).

Adapun progres pekerjaan proyek JTB hingga kini semakin menampakkan hasil yang signifikan. Setidaknya hingga kini, secara keseluruhan mencapai lebih dari 89%. 

Disebutkan bawah, dalam kunjungan kerja Kementerian ESDM beserta rombongan juga langsung memantau proyek JTB. Tak hanya itu, Menteri ESDM juga mendapatkan pemaparan terkait proyek oleh jajaran manajemen Pertamina. 

Direktur Utama PEPC Awang Lazuardi mengatakan, dalam kesempatan itu pihaknya menyampaikan bahkan PEPC berupaya memanfaatkan secara efektif setiap waktu yang dimiliki guna mengejar ketinggalan sektor tertentu dengan mencapai kemajuan lebih pada sektor lainnya, sehingga secara keseluruhan proyek masih on the track sesuai target.

"Secara keseluruhan kita masih memiliki selisih kemajuan yang cukup meskipun ada beberapa part yang belum tiba, namun kami optimistis, bahwa target on stream akan dicapai sesuai jadwal" tegas Awang dikutip dari keterangan pers, Jumat (23/4/2021). 

Proyek JTB sendiri merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional sektor energi yang telah ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada tahun 2020 lalu. Proyek ini sedianya akan on stream pada November tahun ini. Diharapkan, hasil gas yang diproduksi nanti akan mampu mendukung pemenuhan kebutuhan gas untuk wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah, guna tercapainya kedaulatan energi nasional.

Lapangan Unitisasi Gas JTB akan menghasilkan sales gas sebesar 192 MMSCFD yang dihasilkan dari 6 sumur produksi serta memiliki cadangan sebanyak 2,5 triliun TFC. Dalam uji coba sumur produksi yang dilakukan oleh tim drilling beberapa waktu lalu, masing-masing sumur menunjukkan hasil yang cukup menggembirakan yakni di atas target yang telah ditetapkan.

Dalam kunjungan kerja kali ini, selain Menteri ESDM juga turut hadir ke Lapangan Proyek JTB Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyastuti, Bupati Bojonegoro  Anna Muawanah, Direktur  Subholding Upstream Pertamina, Budiman Parhusip dan juga Presiden ExxonMobil Indonesia, Irtiza H. Sayyed.

 

Editor : Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

Sumber : PR

BAGIKAN