Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Dirut MRT Jakarta William Sabandar. Foto: Investor Daily/Primus Dorimulu

Dirut MRT Jakarta William Sabandar. Foto: Investor Daily/Primus Dorimulu

PT MRT akan Percepat Integrasi Sistem-Layanan Tranportasi Publik

Rabu, 6 Januari 2021 | 06:48 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id –  Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar mengemukakan bahwa pengintegrasian sistem dan layanan Mass Rapid Transit (MRT) dan transportasi umum lain di Jakarta sangat diperlukan untuk kian memudahkan masyarakat dalam mengakses transportasi publik. Karena itu, pihaknya bersama stakeholders lain berkomitmen mempercepat integrasi sistem dan layanan tranportasi publik di Jakarta yang ditargetkan bisa benar-benar dirasakan oleh masyarakat pada tahun depan.

William meyakini, pada tahun 2022, masyarakat calon penumpang pesawat dapat check-in pesawat di Stasiun Manggarai maupun Sudirman Baru. Hal tersebut seiring dengan integrasi sistem dan layanan perkeretaapian di Jabodetabek.

“Itu nanti satu kesatuan sistem. Harusnya dalam tahun 2022 sudah kita wujudkan integrasi karena 2021 ini kita integrasi ticketing. Jadi 2022 harus bisa integrasi seluruh sistem layanan,” papar William dalam Dialog Awal Tahun Bersama MRT Jakarta, Selasa (5/1/2021).

Pembangunan fase 2B: Kota- Ancol Barat
Pembangunan fase 2B: Kota- Ancol Barat

Dengan sistem dan layanan yang terintegrasi, jelas William, masyarakat Jakarta hanya membutuhkan satu aplikasi untuk semua transaksi pada moda transportasi publik.

“Dilakukan integrasi juga jalur rel dengan kereta api dengan LRT (Light Rail Transit) dan Transjakarta. Ini akan terbentuk satu kesatuan sistem bukan hanya MRT tapi juga kereta dan bus,” imbuh dia.

Kereta Bandara

Menurut William, integrasi tersebut juga akan memasukkan Kereta Bandara Soekarno-Hatta sebagai bagian di dalamnya, yang akan terwujud pada tahun 2022.

“Ke bandara itu masuk dalam konsep integrasi MRT sehingga nanti dari Stasiun Sudirman dan Manggarai itu satu kesatuan dengan sistem layanan MRT,” jelas William.

Dia menekankan, nantinya yang melayani kereta ke Bandara Soekarno Hatta tetap dilakukan oleh Railink dan KRL Jabodetabek oleh PT KCI. Namun, semua moda transportasi itu terintegrasi dengan MRT Jakarta di Dukuh Atas.

Stasiun bawah tanah MRT Jakarta Dukuh Atas atau BNI 46. Foto: Investor Daily/Gora Kunjana
Stasiun bawah tanah MRT Jakarta Dukuh Atas berhadapan dengan Stasiun KA Bandara BNI 46, dan Stasiun KRL Commuter Line. Foto: Investor Daily/Gora Kunjana

Hub yang kita lihat di Dukuh Atas itu terwujud 2022 karena sekarang ini selain MRT, ada KRL di Sudirman, kemudian ada kereta bandara, kemudian Transjakarta, dan Juni 2020 akan ada LRT Jabodebek,” terang William.

Dia menambahkan, saat semua moda transportasi yang dimaksud sudah terintegrasi di Dukuh Atas pada 2022, maka rata-rata akan ada 100.000 penumpang per hari yang berlalu-lalang melalui Dukuh Atas.

“Dukuh Atas ini hub pertama yang kita kembangkan dan saat ini dilakukan upaya untuk integrasi dalam konsep transit oriented development (TOD),” imbuh William. (az/tm)

Baca juga

https://investor.id/infrastructure/pandemi-mrt-jakarta-tetap-raih-laba

https://investor.id/infrastructure/mrt-jakarta-bidik-pendapatan-nontiket-rp-450-miliar

https://investor.id/infrastructure/mrt-targetkan-ratarata-65000-penumpang-harian

https://investor.id/corporate-action/anak-usaha-mrt-jakarta-akan-ipo-di-2022

https://investor.id/business/proyek-mrt-bundaran-hiancol-barat-rampung-2028

https://investor.id/business/pt-mrt-jakarta-siap-bangun-fase-3-dan-4

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN