Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Tata Metal Lestari merupakan produsen baja lapis Zinc Aluminium dengan merek dagang Nexalume.

PT Tata Metal Lestari merupakan produsen baja lapis Zinc Aluminium dengan merek dagang Nexalume.

PT Tata Metal Lestari Terapkan Konsep Industri Hijau

Selasa, 27 April 2021 | 09:38 WIB
Ridho Syukra (ridho.syukra@beritasatumedia.com )

JAKARTA, investor.id - Kementerian Perindustrian terus mendorong sektor industri manufaktur melakukan transformasi ke arah pembangunan berkelanjutan. Salah satu langkahnya melalui pelaksanaan konsep industri hijau, dengan prinsip menggunakan sumber daya efisien, dapat diguna ulang, ramah lingkungan dan berkelanjutan serta memanfaatkan sampah sebagai energi alternatif.

Menanggapi hal tersebut, pelaku industri di sektor baja mencoba untuk menerapkan konsep industri hijau. General Manager PT Tata Metal Lestari, Lian Hoa mengatakan upaya pemerintah ke arah pembangunan berkelanjutan merupakan langkah yang patut didukung oleh semua pihak.

Industri hijau adalah industri yang dalam proses produksinya mengutamakan efisiensi dan efektivitas penggunaan sumber daya secara berkelanjutan sehingga mampu menyelaraskan pembangunan industri dengan kelestarian fungsi lingkungan hidup serta dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Lingkup pembangunan industri hijau ini meliputi standarisasi industri hijau dan pemberian fasilitas untuk industri hijau.

“Penerapan industri hijau ini dilaksanakan dengan pemenuhan Standar Industri Hijau (SIH) yang secara bertahap diberlakukan secara wajib, pemenuhan terhadap SIH oleh perusahaan industri dibuktikan  dengan diterbitkannya sertifikat industri hijau yang sertifikasinya dilakukan melalui suatu rangkaian proses pemeriksaan dan pengujian oleh Lembaga Sertifikasi Industri Hijau,” ujar dia dalam siaran persnya yang diterima Investor Daily, di Jakarta, Selasa (27/4).

Sebelum Nexalume mendapatkan sertifikat Green Label Level Gold, PT Tata Metal Lestari juga menjalani semua proses pemeriksaan dan pengujian yang dilaksanakan oleh auditor industri hijau dari Green Label Indonesia yang telah megantungi sertifikasi kompetensi auditor industri hijau.

Semuanya diaudit mulai dari teknologi, pekerja, bahan baku sampai limbahnya untuk bahan baku pihaknya bekerjasama dengan perusahaan Rio Tinto yang mensupply material aluminium yang berkelanjutan.

PT Tata Metal Lestari merupakan produsen baja lapis Zinc Aluminium dengan merek dagang Nexalume.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN