Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Trans-Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) dan PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) melalui anak perusahaannya, yakni  PT Peteka Karya Samudera (PKS) melakukan Perjanjian Kerjasama untuk melaksanakan kegiatan Pemanduan dan Penundaan Kapal di Terminal Khusus TPPI Tuban.

PT Trans-Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) dan PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) melalui anak perusahaannya, yakni PT Peteka Karya Samudera (PKS) melakukan Perjanjian Kerjasama untuk melaksanakan kegiatan Pemanduan dan Penundaan Kapal di Terminal Khusus TPPI Tuban.

PTK Grup dan TPPI Jalin Kerja Sama untuk Tingkatkan Operational Exellence

Selasa, 24 November 2020 | 16:17 WIB
Euis Rita Hartati (erita_h@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - PT Trans-Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) dan PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) melalui anak perusahaannya, yakni PT Peteka Karya Samudera (PKS) melakukan Perjanjian Kerjasama untuk melaksanakan kegiatan Pemanduan dan Penundaan Kapal di Terminal Khusus TPPI Tuban.

Acara seremonial penandatangan Perjanjian Kerjasama dilaksanakan di Kantor Pusat TPPI, di Jakarta, Selasa (24/11).

Pelaksanaan sinergi ini akan menunjang kepentingan seluruh pihak dalam mengembangkan bisnis dan usahanya untuk menjadi Perusahaan kebanggaan Bangsa Indonesia dan mewujudkan Visi TPPI untuk menjadi Perusahaan Petrokimia dan Energi Kelas Dunia serta Visi PTK untuk menjadi Perusahaan Jasa Maritim Yang Terintegrasi Dengan Skala Global Pada Tahun 2026.

Sambutan diawali oleh Presiden Direktur & CEO TPPI Yulian Dekri yang mengatakan bahwa ini merupakan komitmen TPPI untuk terus melakukan Sinergi BUMN terlebih lagi dengan sesama group Pertamina.

"Kami telah melakukan dan akan terus meningkatkan kerjasama seperti ini, tentunya dengan persyaratan saling menguntungkan" imbuh Yulian.

Selain itu disampaikan pula bahwa melalui kerjasama ini, diharapkan juga agar TPPI dapat lebih memfokuskan diri pada core businessnya sebagai produsen Petrokimia dan mempercayakan pengelolaan kegiatan di Tersus TPPI kepada PKS, mengingat PKS merupakan Badan Usaha Pelabuhan yang berpengalaman dalam bidangnya. Terlebih saat ini TPPI tengah menjalankan proyek Revamping guna meningkatkan kapasitas kilang TPPI, dimana jika proyek yang dijadwalkan selesai pada tahun 2022, maka aktivitas pada Tersus TPPI akan meningkat tajam.

Erwin Widiarta, Direktur Operasional & COO TPPI menambahkan bahwa saat ini juga sedang disiapkan kerjasama dengan AP PTK lainnya yaitu PT Peteka Karya Jala (PKJ) yang sedang dalam tahap negosiasi. “Ini juga bukti komitmen TPPI untuk meningkatkan sinergi dalam group Pertamina,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama PTK, Nepos MT Pakpahan mengatakan kerjasama yang dilaksanakan antara TPPI dengan PKS merupakan bagian dari pelaksanaan sinergi sesama Anak Perusahaan PT Pertamina (Persero) Group yang bertujuan untuk meningkatkan operational excellence serta menjamin keamanan dan keselamatan pelayaran di wilayah Tersus TPPI Tuban.

Ditambahkan Nepos kerja sama ini diharapkan saling menunjang, saling mendukung dan saling memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, yaitu PKS dan TPPI untuk kemajuan bersama, dan juga bagi Induk Perusahaan PT Pertamina (Persero) secara konsolidasi. Diharapkan PKS dapat memberikan pelayanan terbaik kepada TPPI dalam memberikan pelayanan Jasa Pemanduan dan Penundaan, sehingga kerjasama ini dapat terus ditingkatkan tidak hanya di Tersus TPPI Tuban tapi juga untuk kegiatan TPPI lainnya.

Selanjutnya Direktur PKS, Yulius Siaga Tiawarman dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan kerja sama ini, diharapkan dapat manghasilkan added value bagi kedua belah pihak, mengingat PKS merupakan Badan Usaha Pelabuhan di lingkungan Pertamina Group yang telah berpengalaman dalam kegiatan teknis operasional maupun administrasi Pemanduan Kapal di 10 lokasi Tersus/TUKS PT Pertamina (Persero) dan di 15 lokasi Tersus Migas KKKS SKK Migas, dengan didukung SDM Pandu serta Mooring Master yang professional.

Lebih lanjut disampaikan Yulius; PKS sebelumnya telah mendapatkan izin Pelimpahan Pelayanan Jasa Pemanduan dan Penundaan Kapal dari Kementerian Perhubungan di TBBM Single Point Mooring (SPM) Pertamina Tuban, yang lokasinya bersebelahan dengan Tersus TPPI Tuban.

“Saya harap dengan kehadiran BUP PKS di wilayah Tuban, dapat menjadi perpanjangan tangan negara dalam kegiatan Pemanduan Kapal untuk menjamin keamanan dan keselamatan pelayaran di perairan Tuban serta kelancaran operasional kegiatan di Tersus TPPI yang merupakan obyek vital nasional,” ujar Yulius.

 

 

 

Editor : Euis Rita Hartati (euis_somadi@yahoo.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN