Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Sumber: BSTV

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Sumber: BSTV

PUPR Serahterimakan Gedung Senilai Rp 7,8 Miliar

Muawwan Daelami, (edo_id)  Selasa, 2 Juni 2020 | 13:20 WIB

JAKARTA, Investor.id - Kementerian PUPR pada 2019 melanjutkan pembangunan Gedung Laboratorium dan Bengkel Elektro Politeknik Negeri yang sempat terhenti pada 2016. Pembangunan gedung itu akhirnya dirampungkan dalam 4,5 bulan.

"Kami lanjutkan pembangunan sarana pendidikan guna mendukung peningkatan kualitas SDM. Memanfaatkan fasilitas yang sudah dibangun. Sehingga generasi mendatang harus lebih pintar karena fasilitasnya lebih baik,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam pernyataan resminya yang diterima Investor Daily, Selasa (2/6). 

Melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya, lanjut Basuki, PUPR melanjutkan pembangunan Gedung Laboratorium dan Bengkel Elektro Politeknik Negeri Padang yang sebelumnya mangkrak dari 1 lantai menjadi 3 lantai seluas 1.512 m2. 

Selain menyelesaikan konstruksi gedung, PUPR juga menambah fasilitas penunjang seperti tram untuk difabel, CCTV, AC, dan ruang kelas belajar. 

Gedung senilai Rp 7,8 miliar tersebut kini  diserahkelolakan kepada Politeknik Negeri Padang pada 18 Februari 2020 untuk dapat dimanfaatkan untuk kegiatan belajar mengajar melalui skema kenormalan baru (new normal).

Sementara itu, Direktur Politeknik Negeri Padang Surfa Yondri mengungkapkan terima kasih dan bersyukur karena gedung yang pembangunannya sempat terhenti ini, kini sudah selesai. 

"Mudah-mudahan, adanya gedung ini kegiatan belajar mengajar dapat ditingkatkan dan kapasitas gedung juga bisa menambah daya tampung Politeknik Negeri Padang,” tutur Surfa. 

Pembangunan Gedung Laboratorium dan Bengkel Elektro Politeknik Negeri Padang merupakan 1 dari 4 perguruan tinggi di Sumatera Barat yang direhabilitasi dan rekonstruksi Kementerian PUPR. 

Sedangkan tiga perguruan tinggi lainnya yaitu Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar dan Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh.

Pekerjaan rehabilitasi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pembangunan, Rehabilitasi, atau Renovasi Pasar Rakyat, Prasarana Perguruan Tinggi, dan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. 

Adapun kriteria pembangunan PTN dan PTKIN adalah tanah milik PTN, PTKIN atau Lembaga dan Kementerian terkait, bangunan tidak dalam sengketa atau masalah hukum, diprioritaskan bangunan yang kondisi tidak rampung lebih dari 50%, memiliki Amdal dan IMB, telah dilakukan audit dari BPKP dan audit kelayakan bangunan.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN