Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Calon penumpang pesawat  memasuki area keberangkatan di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang. Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Calon penumpang pesawat memasuki area keberangkatan di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang. Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Selain PCR dan Sertifikat Vaksin, Penumpang Pesawat Kini Harus Bawa SK RT/RW

Kamis, 22 Juli 2021 | 23:15 WIB
Maria Fatima Bona

JAKARTA, investor.id  - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito mengatakan,  demi mencegah lonjakan kasus di periode libur Hari Raya Iduladha, Satgas 18 Juli -25 Juli 2021 memberlakukan tambahan aturan  perjalanan, yakni pelaku perjalanan  wajib menunjukan surat tanda registrasi bekerja (SRTB)  dari pimpinan  atau pemerintah daerah (pemda) setempat seperti RT/RW.

Wiku menjelaskan, aturan ini diatur dalam Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor  15 Tahun 2021. Dikatakan Wiku,  meski ada aturan baru tersebut, tidak menghilangan SE Satgas Nomor 14   Tahun 2021 terkait pelaku perjalanan  sebelumnya, namun  bersifat kebijakan penembalan.

“Selama  masa penebalan kebijakan  perjalanan orang keluar  daerah  untuk sementara dibatasi  hanya untuk pekerja sektor esensial  dan kritikal  serta perorangan dengan keperluan mendesak,” kata Wiku  pada  konferensi pers virtual tentang “ Penanganan Covid-19 di Indonesia”,  Kamis (22/7/2021).

Ia menambahkan, aturan baru tersebut, pelaku perjalanan, selain menunjukan  sertifikat vaksin dan hasil swab polymerase chain reaction (PCR) H-2, wajib menunjukkan SRTB yang dapat diakses pekerja dari  pimpinannya di instansi pekerjaan. Sementara bagi  masyarakat dari pemda setempat.

Sebelumnya, salah seorang penumpang yang merupakan seorang selebgram meluapkan amarahnya di media sosial  kepada petugas karena tidak  diizinkan melakukan perjalanan udara  dari Bandara Soekarno- Hatta pada Rabu (21/7/2021).

Penumpang tersebut tidak memiliki surat keterangan dari RT/RW setempat saat hendak melakukan perjalanan sesuai dengan SE Satgas Covid-19.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN