Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Peluncuran Lupba, merek dagang Bumi Alumni dalam mendukung UMKM.

Peluncuran Lupba, merek dagang Bumi Alumni dalam mendukung UMKM.

Sokong UMKM Menembus Pasar Global, Bumi Alumni Luncurkan Lupba

Senin, 14 Desember 2020 | 17:56 WIB
Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Perkumpulan Bumi Alumni (PBA) organisasi nirlaba yang menaungi ratusan UMKM meluncurkan sebuah merek dagang bernama Lupba.

Hadir dalam peluncuran tersebut diantaranya, Mantan Menteri Tenaga Kerja Bomer Pasaribu, Staf Ahli Kepala BKPM Eka Sastra, Mantan Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursidan Baldan serta ratusan pegolfer yang mengikuti UMKM Exhibition dan Golf Turnament.

Bomer Pasaribu mengatakan, peluncuran merek Lupba adalah ikhtiar brilian di tengah pandemi dari komunitas bumi alumni. Bomer pun mengapresiasi terobosan PBA menghadirkan Lupba sebagai sebuah merek yang didedikasikan untuk produk UMKM.

“Pengelolaan produk UMKM selangkah lebih maju, dengan membuat branding yang dikelola bersama,hal ini seperti di luar negeri,” ujarnya saat Peluncuran Lupba di kawasan Cimanggis Golf, Depok, Jawa Barat, Minggu (/13/12/2020).

Acara tersebut juga digelar melalui virtual zoom yang diikuti oleh komunitas UMKM dari seluruh Indonesia. Lebih jauh Bomer berharap produk dengan merek Lupba ini bisa menembus pasar lokal dan global.

Disampaikan, launching merek Lupba yang dibarengi dengan turnamen golf, membuktikan UMKM tak bisa lagi dipandang sebelah mata. “Baru kali ini UMKM mengadakan eksebisi turnamen golf. Hal ini membuktikan UMKM bisa naik kelas,” tambah Mantan Diplomat dan Ketua Umum SPSI tersebut.

Hal senada disampaikan Eka Sastra yang menyatakan BKPM mendukung sepenuhnya inovasi yang diakukan oleh PBA, sebagai upaya menaikan derajat UMKM. Eka mengaku bangga dengan peluncuran merek Lupba yang digagas oleh Komunitas Bumi Alumni.

Dalam kesempatan itu Ary Zulfikar selaku Ketua PBAmengatakan, gagasan one branding untuk produk-produk UMKM dengan merek kolektif Lupba merupakan terobosan untuk memasarkan produk-produk tersebut, baik di pasar dalam negeri maupun luar negeri.

“Untuk saat ini Lupba menjadi merek untuk produk keripik pisang, bawang goreng dan kopi,” jelasnya. Tiga produk ini dipilih karena sudah memenuhi syarat baik dari sisi kualitas maupun kemampuan produksi.

Demikian pula dengan potensi pasarnya masih sangat terbuka lebar. Keripik pisang, bawang goreng dan kopi merupakan tiga produk yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia.

Kehadiran merek kolektif menurut Dewi Tenty, Ketua Bidang Antar Lembaga PBA, sangat menguntungkan para pelaku bisnis UMKM. “Karena mereka hanya memikirkan bagaimana fokus membuat produknya saja, untuk strategi branding, pemasaran sudah ada yang menggarapnya,” jelasnya.

Disampaikan, sinergi antara pemilik produk dan merek kolektif sangat diperlukan, untuk mempercepat proses bisnis UMKM. “ Perlu ada kerjasama, guyub dan solid, sehingga UMKM bisa berkembang lebih pesat lagi,” tambahnya.

Kreasi dibalik nama Lupba sendiri menurut Dewi Tenty sudah dipikirkan masak-masak, idenya berawal dari kebiasaan pembeli yang suka lupa (Lubpa dibaca lupa). “Kalau lagi belanja kan, suka lupa tuh, aduh mau beli bawang goreng merek apa, ah udah ada Lupba nih,” jelasnya.

Dikatakan dari hal simpel seperti itulah lahirlah Lupba, yang menjadi merek untuk tiga produk keripik, bawang goreng dan kopi. Atau menurut Azoo, Lupba, bisa juga diartikan “Love U PBA”, yang merupakan bentuk kecintaan kepada PBA, sebagai wadah komunitas UMKM yang melahirkan produk dengan merek Lupba.
 

 

Editor : Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

Sumber : Majalah Investor

BAGIKAN