Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Sebuah rumah rusak akibat gempa

Sebuah rumah rusak akibat gempa

Tangani Gempa Jatim, PUPR Salurkan Sejumlah Sarana dan Prasarana

Selasa, 13 April 2021 | 17:26 WIB
Muawwan Daelami (muawwan@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id –Gempa berkekuatan magnitudo 6,7 SR di laut sekitar 90 km barat daya Kabupaten Malang, Sabtu (10/4) lalu turut mengguncang sejumlah kota/kabupaten di Provinsi Jawa Timur (Jatim). Untuk mempercepat penanganan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengerahkan sumber daya dan personel di balai-balai.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan dalam masa tanggap darurat, ketersediaan prasarana dan sarana air bersih serta sanitasi untuk keperluan para korban dan pengungsi sehari-hari merupakan hal yang paling penting.

“Kami sangat concern dengan air bersih terutama di tempat-tempat pengungsian. Kita juga memanfaatkan instalasi pengolahan air minum (IPA) terdekat maupun IPA mobile untuk menyuplai air bersih khususnya ke posko pengungsian”, kata Menteri Basuki dalam keterangan tulisnya, Selasa (13/4).

Sarana dan prasarana (sarpras) berupa 5 unit HU kapasitas 1.000 liter segera disalurkan.
Sarana dan prasarana (sarpras) berupa 5 unit HU kapasitas 1.000 liter segera disalurkan.

Untuk itu, Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) telah berkoordinasi dengan Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Kota/Kabupaten terdampak dan Pemerintah Daerah untuk penyediaan logistik serta pos pengungsian bagi masyarakat terdampak. Saat ini, 1 unit Mobil Tangki Air (MTA) berkapasitas  2.000 liter, 5 unit Hidran Umum (HU) kapasitas 1.000 liter, dan 5 unit HU kapasitas 2.000 liter telah dimobilisasi.

Kemudian dari hasil monitoring dan evaluasi lapangan terdapat kebutuhan sarana dan prasarana (sarpras) yang harus segera disalurkan berupa 5 unit HU kapasitas 1.000 liter dan 5 unit HU kapasitas 2.000 liter serta tenda darurat ukuran 4X6 sebanyak 2 unit.

"Rencana distribusi sarpras sementara disalurkan di Kabupaten Malang tepatnya di Kecamatan Ampelgading sebanyak 2 unit Hidran Umum dan Kecamatan Dampit 2 unit Hidran Umum," kata Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jatim M. Reva Sastrodiningrat.

Infrastruktur jalan tidak rusak

Mengerahkan 1 unit Mobil Tangki Air (MTA) berkapasitas  2.000 liter.
Mengerahkan 1 unit Mobil Tangki Air (MTA) berkapasitas 2.000 liter.

Langkah-langkah tanggap darurat juga dilakukan PUPR melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Jawa Timur-Bali dan Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) IV dengan menyisir wilayah kabupaten/kota sebagai upaya inventarisasi dampak yang ditimbulkan dari gempa bumi.

Hasil pemeriksaan kondisi infrastruktur jalan dan jembatan tidak terdapat kerusakan pada ruas jalan nasional seperti ruas Turen – Kepanjen - Blitar – Tulungagung. Kemudian ruas Sendang Biru - Balekambang (JLS – Non Status) – Kedungsalam - Batas Blitar/Malang - Simpang 5 Purwodadi juga dilaporkan tidak terdapat kerusakan dan arus lalu lintas lancar.

Gempa bumi di lepas pantai selatan Kabupaten Malang menyebabkan hampir seluruh wilayah Kabupaten/Kota di Jawa Timur terdampak. Wilayah terdampak paling parah berada di Kabupaten Malang, Pasuruan, Trenggalek, Blitar, Probolinggo, Jember, Kota Batu dan Kota Malang.

Selain menelan korban jiwa dan luka-luka, gempa bumi juga merusak sejumlah fasilitas kesehatan, rumah peribadatan, kantor pemerintahan, rumah susun, dan perumahan warga. 

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN