Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Evermos menghubungkan para UMKM dan reseller di seluruh Indonesia melalui platform-nya.

Evermos menghubungkan para UMKM dan reseller di seluruh Indonesia melalui platform-nya.

5 Tips Jadi Reseller Sukses, Pemula Wajib Tahu

Rabu, 19 Januari 2022 | 16:13 WIB
Investor Daily

JAKARTA, investor.id - Seiring berkembangnya zaman, kini menjalankan sebuah bisnis jadi semakin mudah. Salah satunya adalah menjadi reseller, yang tengah naik daun dan cocok untuk para pemula. Reseller sendiri merupakan orang yang menjual kembali produk dari supplier kepada konsumen. Namun ingat, reseller bukanlah bagian dari supplier. Sebab, untuk menjadi seorang reseller, Anda harus mengeluarkan modal sendiri dan membeli produk langsung kepada supplier, serta harus menyetok barang terlebih dahulu.

Meskipun demikian, menjadi reseller adalah bisnis yang menjanjikan, karena aksesnya yang cukup mudah. Hanya dengan bermodalkan internet, Anda bisa lebih mudah memasarkan produk yang dijual kepada konsumen. Terlebih, bisnis sebagai reseller online shopping juga terus mengalami peningkatan yang cukup tajam, terutama produk-produk hingga fashion khusus Muslim. Bisnis ini juga cocok dijalankan oleh segala kalangan, mulai dari ibu rumah tangga, pelajar, hingga mahasiswa.

Melihat hal ini, Evermos, sebuah platform untuk menjual produk-produk Muslim Indonesia hadir membantu untuk menjadi reseller. Nantinya, melalui Evermos, user bisa membuat toko sendiri yang produknya bisa didapat dengan mudah dari brand-brand atau toko-toko lain.

Memulai usaha sampingan via Evermos juga sangat mudah, Anda hanya tinggal daftar dan share link produk, atau buat toko sendiri. Lalu, dari link produk tadi, bila ada pembelian dari user lain, maka Anda akan mendapatkan komisi sesuai persentase yang sudah ditentukan brand atau toko tersebut.

Namun, sebelum memulai menjalani bisnis menjadi reseller, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, terutama untuk para pemula. Untuk itu, berikut tips menjadi reseller sukses, yang bisa dicoba di rumah. Apa saja?

1. Menjual Barang yang Banyak Diminati atau Laku Keras di Pasaran

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk memulai bisnis reseller adalah menentukan barang yang akan dijual. Pilihlah barang yang banyak diminati atau laku keras di pasaran.

Anda bisa memulai survei market dan mencari tahu barang apa saja yang laku di pasaran. Anda juga mencari tahu barang yang tengah viral di masyarakat dan memanfaatkannya untuk dijual kembali.

2. Pilih Supplier dari Tangan Pertama

Selanjutnya, pilihlah supplier yang menjual produk yang Anda inginkan dari tangan pertama. Hal ini penting, karena untuk meminimalisir harga barang yang mahal.

Sebab, produk yang dijual dari supplier tangan pertama akan jauh lebih murah, jika dibandingkan Anda membelinya dari pihak ketiga. Hal tersebut juga berguna untuk menentukan kualitas barang yang dijual.

3. Pastikan Kualitas Selalu Terjamin

Meskipun tugas seorang reseller hanya memasarkan produk, namun Anda tetap harus memastikan produk yang dipilih memang layak jual dan berkualitas baik. Sebab, reseller lah yang berhubungan langsung dengan konsumen.

Jika produk yang dijual ternyata memiliki kualitas yang buruk, hal itu sama saja mempertaruhkan reputasi yang sudah susah payah Anda bangun. Sebagai reseller, Anda juga harus konsisten menawarkan kualitas terbaik, sehingga bisnis yang dijalankan nantinya akan semakin berkembang.

4. Membuat Branding untuk Menarik Konsumen

Sebagai reseller online yang memanfaatkan internet dan media sosial untuk berjualan, sangat wajib memiliki strategi agar bisnis Anda semakin dikenal luas. Sebab, branding memiliki arti yang sangat penting dalam dunia online shop.

Dengan branding yang baik, Anda akan mampu menarik pelanggan untuk berbelanja, meski produk yang dijual banyak dimiliki kompetitor. Branding yang tepat juga akan meningkatkan brand awareness dari calon konsumen, sehingga akan lebih mudah mengenali produk yang Anda tawarkan.

5. Mengutamakan Kepuasan Konsumen

Tak hanya sekadar menjajakan barang yang dijual, setiap pebisnis juga wajib untuk memperhatikan kepuasan konsumen, termasuk para pebisnis online atau reseller. Meskipun tak secara langsung bertemu dengan konsumen, Anda wajib memperhatikan kepuasan mereka.

Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menawarkan produk dengan kualitas baik. Selain itu, Anda juga bisa memberikan diskon dan promo menarik. Respons yang ramah saat ada konsumen yang bertanya atau komplain pun bisa membuat mereka merasa puas dengan layanan Anda.

Itu lima tips menjadi reseller untuk pemula. Nah, jika Anda tertarik mencoba usaha ini, tak ada salahnya mulai untuk download aplikasi Evermos yang tersedia di Playstore. Yuk, mulai jadi reseller dan cari supplier di Evermos!

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN