Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Irak Pastikan Berinvestasi Kilang di Indonesia

Rabu, 12 Maret 2014 | 12:03 WIB
Oleh Retno Ayuningtyas

JAKARTA – Pemerintah Irak memastikan akan ikut berinvestasi dalam pembangunan kilang di Indonesia sekaligus berkomitmen dalam memasok minyak mentah sebesar 300 ribu barel per hari (bph).

Komitmen tersebut tertuang dalam minutes of meeting (MoM) penyelesaian draf letter of intent (LoI) yang ditandatangani pada The 1st Indonesian-Iraq Joint Working Group di Bali, kemarin. Dalam acara tersebut juga dilakukan penandatanganan minutes of meeting (MoM) penyelesaian draf letter of intent (LoI) pasokan minyak mentah dari Irak ke Indonesia. Penandatanganan disaksikan langsung oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik.

Menurut dia, Irak sudah berkomitmen memasok minyak mentah untuk kilang di Indonesia sebesar 300 ribu bph selama minimal 20 tahun dan boleh diperpanjang. Jaminan pasokan membuat pemerintah semakin optimistis dapat membangun kilang untuk meningkatkan ketahanan energi nasional.

“Tinggal menunggu pembicaraan yang lebih detail tentang hal itu (pasokan minyak), tapi secara prinsip, Pemerintah Irak sudah menyetujui,” kata Wacik.

Dia menambahkan, produksi minyak di Irak saat ini mencapai 3 juta bph dan ditargetkan meningkat menjadi 9 juta bph pada 2020. Apabila Indonesia ingin menambah impor minyak, maka Pemerintah Irak siap membicarakannya. Namun, pasokan minyak ini baru bisa direalisasikan setelah pembangunan kilang terwujud.

Baca selengkapnya di Investor Daily versi cetak di https://subscribe.investor.id

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN