Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi bursa saham eropa. Foto: AFP

Ilustrasi bursa saham eropa. Foto: AFP

Indeks Saham Eropa Melemah

Sabtu, 23 Januari 2021 | 07:53 WIB
Listyorini (listyorini205@gmail.com)

Investor.id – Pasar saham Eropa melemah pada Jumat (22/1/2021) waktu setempat. Investor mencermati pemberlakuan pembatasan untuk mencegah penyebaran virus corona dan data ekonomi baru dari zona euro.

Pan-European Stoxx 600 tergelincir 0,6% pada penutupan, dengan saham perjalanan dan rekreasi turun 2,5% untuk memimpin penurunan. Ini terjadi setelah pemerintah Eropa mengumumkan pembatasan perjalanan lebih lanjut guna memerangi tingkat infeksi Covid yang meningkat dan varian yang sangat menular.

Aktivitas bisnis di zona euro turun ke level terendah dua bulan pada Januari, menyusul kebijakan penguncian terkait virus corona yang lebih ketat. IMP komposit kilat Markit, yang melihat aktivitas di seluruh manufaktur dan jasa, turun menjadi 47,5 Januari dari 49,1 pada Desember, di bawah 50 yang dibaca sebagai kontraksi dalam aktivitas.

PMI awal bulan Januari untuk Inggris Raya menunjukkan bahwa negara tersebut mengalami penurunan aktivitas bisnis paling tajam sejak Mei, di tengah penguncian nasional ketiga.

PMI komposit IHS Markit / CIPS turun menjadi 40,6 di bulan Januari dari 50,4 di bulan Desember. Penjualan ritel Inggris di bulan Desember datang pada hari Jumat pagi di + 0,3% bulan ke bulan, lebih rendah dari + 1,2% yang diharapkan oleh analis yang disurvei oleh Reuters.

Investor juga memperhatikan pembatasan virus korona baru di Tiongkok. Negara itu melaporkan 103 infeksi Covid-19 baru pada hari Jumat, turun dari 144 pada hari sebelumnya, sementara Beijing meluncurkan pengujian massal di beberapa bagian kota.

Dalam hal pergerakan harga saham individu, grup teknik Siemens naik 7,2% untuk memimpin Stoxx 600 setelah membukukan pendapatan yang lebih baik dari perkiraan sebelum bel pembukaan.

Saham Volkswagen naik 1,8% meskipun laba setahun penuh hampir setengahnya berkurang pada 2020 sebagai akibat dari pandemi, tetapi mengalahkan ekspektasi analis, didorong oleh rebound dalam penjualan di Tiongkok dan pengiriman kuartal keempat yang kuat.

Indeks blue chip Eropa, operator perjalanan Anglo-Jerman Tui turun lebih dari 16%.

Editor : Listyorini (listyorini205@gmail.com)

Sumber : CNBC.com

BAGIKAN