Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Aplikasi OVO

Aplikasi OVO

OVO Jadi Alat Pembayaran Populer untuk UMKM Selama 2021

Rabu, 22 Desember 2021 | 19:16 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA,investor.id- OVO, platform pembayaran digital, rewards dan layanan keuangan terdepan di Indonesia, menjadi alat pembayaran utama pilihan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Hal ini terbukti dari hasil survei Core Indonesia 2021 yang menyebut, sebanyak 84% UMKM mampu bertahan selama pandemi, karena menggunakan aplikasi OVO sebagai metode pembayaran.

Head of Corporate Communication OVO Harumi Supit mengatakan, selama 4 tahun OVO hadir di Indonesia, OVO semakin memperluas jangkauannya dan mendapatkan penerimaan positif dan aktif dari masyarakat. Dengan tingkat brand awareness hingga 96%, OVO menjadi platform pembayaran digital terpopuler di Indonesia.

Selain itu, OVO juga telah hadir di lebih dari 430 kota dan kabupaten, dengan lebih dari 1 juta merchant dari berbagai industri, termasuk UMKM yang telah mengimplementasikan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

“Kami sangat bersyukur dengan segala pencapaian OVO sepanjang 2021. Dengan meyakini prinsip ekosistem terbuka, kami senantiasa terbuka menjalin kolaborasi dengan lini industri apapun, termasuk UMKM. Kami berharap dampak positif ini dapat terus kami tingkatkan, sehingga dapat mendukung upaya pemerintah dalam mencapai inklusi keuangan digital di Indonesia,” kata Harumi melalui siaran pers, Rabu (22/12).

Menariknya, lanjut Harumi, kehadiran OVO juga ikut mendongkrak transaksi UMKM dengan angka peningkatan transaksi harian sebanyak 70%. Melalui perluasan akses pasar, adaptasi teknologi, fasilitas transaksi non tunai dan promosi yang dilakukan OVO, disebutkan, sebanyak 84% UMKM terbantu oleh aplikasi OVO dan ampuh membantu daya tahan UMKM di tengah pandemi. Tak hanya itu, sebanyak 55% UMKM tersebut menyatakan bahwa aplikasi OVO sangat mudah digunakan.

Harumi menambahkan, catatan pencapaian OVO sepanjang 2021 juga ditunjukkan dari berbagai alasan yang dipaparkan dalam survei Kadence International Indonesia terkait alasan penggunaan OVO. Sebanyak 71% responden menyatakan bahwa mereka menggunakan OVO karena bisa digunakan di banyak aplikasi dan merchant online, disusul sebanyak 67% alasan responden menggunakan OVO karena dapat melakukan transfer saldo ke rekening bank, dan sebanyak 66 % menggunakan OVO karena aplikasinya mudah digunakan.

“Dalam memenuhi kebutuhan pengguna di seluruh wilayah di Indonesia, OVO juga semakin memperluas layanan keuangan dengan menghadirkan metode pembayaran terbaru yang hadir di Bukalapak, JD.ID, dan Google Play,” jelas Harumi.

Tak hanya itu, OVO juga telah menjalin kerjasama dengan berbagai platform e-commerce terkemuka lainnya seperti Blibli, Bhinneka.com, Lazada, Sayurbox, Happy Fresh, McDonalds Indonesia, Sociolla, Tiket.com, Zalora dan masih banyak lagi.

Selain itu, sebagai upaya menjangkau masyarakat unbanked dan underbanked, pada 2021 ini kami juga bekerjasama dengan BCA untuk pencairan saldo OVO di seluruh ATM BCA di Indonesia, serta pengisian saldo OVO secara offline di beberapa gerai mitra ternama seperti Indomaret, PT Pos Indonesia, Lotte Mart, Mitra Bukalapak, Agen Faspay dan Agen Bank Mandiri.

“Hal ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi online-offline dan mendorong kolaborasi antara semua pihak demi perluasan ekosistem digital bagi masyarakat Indonesia,” ungkap Harumi.

Lebih jauh, kehadiran OVO untuk melayani masyarakat Indonesia, bukan hanya sebagai metode pembayaran digital saja. Pada 2021 ini, OVO berupaya memfasilitasi kebutuhan para pengguna dengan menghadirkan layanan keuangan layanan investasi dan perlindungan asuransi yang terjangkau.

Bahkan, hanya dalam lima bulan OVO | Invest diluncurkan, sudah ada lebih dari 550.000 investor yang melakukan investasi reksadana dengan pencairan yang sangat cepat. Layanan investasi yang dihadirkan oleh OVO ini tentunya bekerjasama dengan beberapa mitra ternama di bidangnya seperti Bareksa, Manulife Indonesia, Bahana TWC Investment Management dan Syailendra.


 

Sementara untuk perlindungan asuransi, OVO telah bekerjasama dengan salah satu perusahaan asuransi terbesar di Indonesia yaitu Prudential Indonesia untuk asuransi jiwa dengan premi terjangkau mulai dari sekitar Rp 5.000 per bulan. Selain itu OVO juga menghadirkan asuransi mobil pertama di Indonesia dengan premi bulanan yang bekerjasama dengan asuransi Simas Insuretech.


 

“Ke depannya, OVO akan terus menjalin kerja sama strategis dengan berbagai lini industri untuk senantiasa melengkapi kebutuhan finansial para penggunanya, baik selama masa pandemi ini dan juga nanti saat menghadapi new normal,” tandas Harumi.

Editor : Emanuel (eman_kure@yahoo.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN