Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Bank Mayora. Foto: Perseroan.

Bank Mayora. Foto: Perseroan.

Bank Mayora Jadi Bank Digital, Nasib Karyawan? Ini Penjelasan BNI (BBNI)

Sabtu, 22 Januari 2022 | 15:57 WIB
Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) atau BNI menyatakan, tidak ada perubahan status, hak, dan kewajiban direksi dan dewan komisaris PT Bank Mayora sampai dengan penyelesaian transaksi akuisisi.

“Namun, sewaktu-waktu setelah penyelesaian transaksi pengambilalihan, bisa terdapat perubahan terhadap komposisi direksi dan dewan komisaris Bank Mayora,” ungkap manajemen BNI dalam publikasinya, Sabtu (22/1).

BNI menegaskan, setiap perubahan tersebut (apabila ada) akan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Syarat dan ketentuan hubungan kerja karyawan Bank Mayora tidak akan dipengaruhi oleh pengambilalihan dan Bank Mayora akan tetap menghormati hak karyawan.

“Seluruh hak dan kewajiban karyawan akan diselesaikan dan dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku termasuk Undang-Undang Ketenagakerjaan,” sebut BNI.

Baca juga: Begini Skenario BNI (BBNI) Mengakuisisi 63,92% Saham Bank Mayora

Sesuai rencana, BNI akan menjadikan Bank Mayora sebagai bank digital. Hal ini seiring maraknya bank digital di Tanah Air, yang menawarkan berbagai kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan transaksi finansial.

Sebab itu, BNI tengah melakukan program transformasi, yang salah satu inisiasinya adalah memperkuat kapabilitas digital guna memenuhi kebutuhan dan ekspektasi pelanggan, sehingga akan membawa BNI menjadi penyedia solusi finansial terintegrasi berbasis digital dengan keunggulan internasional.

“Untuk dapat mendukung transaksi digital masyarakat dan sejalan dengan transformasi BNI, perseroan akan membentuk suatu bank digital melalui strategi anorganik, yaitu pengambilalihan Bank Mayora yang selanjutnya akan ditransformasi menjadi bank digital,” sebut BNI.

Sementara itu, Bank Mayora akan menghadirkan solusi digital berbasis ekosistem, khususnya untuk membantu UKM dalam mengakomodasi kebutuhan layanan perbankan dan bisnis UKM. Melalui pelaksanaan rencana pengambilalihan dan sinergi dengan BNI melalui optimalisasi jaringan yang tersebar di seluruh Indonesia, diharapkan layanan digital Bank Mayora dapat menjangkau lebih banyak pelanggan.

“Bank Mayora berpotensi untuk tumbuh dan beroperasi secara efisien melalui dukungan kekuatan dan peranan penting dari pemegang saham,” jelas BNI.

Baca juga: Kredit Tumbuh Sesuai Ekspektasi, Saham BBNI dan BMRI Pilihan Teratas

BNI akan mengakuisisi sebanyak 1,19 miliar (63,92%) saham Bank Mayora. Untuk itu, BNI akan menggelar RUPS untuk meminta persetujuan pemegang saham pada 15 Maret 2022.

BNI bakal mengambil alih sebanyak 1,02 miliar saham baru yang diterbitkan oleh Bank Mayora. Kemudian, BNI akan membeli sebanyak 169,07 juta saham Bank Mayora yang dimiliki International Finance Corporation (IFC), anggota Bank Dunia.

Pengambilalihan Bank Mayora oleh BNI akan dibiayai oleh pendanaan internal BNI, yakni dari dana yang tersimpan sebagai laba ditahan atau kekayaan BNI.

BBNI menargetkan pengambilalihan Bank Mayora efektif pada Mei 2022. Struktur kepemilikan saham Bank Mayora bakal terdiri atas BBNI (63,92%) dan PT Mayora Inti Utama (36,08%). Saat ini, Mayora Inti Utama menguasai 80% saham Bank Mayora. Sisanya 20% saham dimiliki IFC.

Laporan keuangan Bank Mayora. (prospektus)
Laporan keuangan Bank Mayora. (prospektus)

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN