Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
KB Bukopin

KB Bukopin

KB Bukopin Pacu Transaksi Digital Tumbuh Dua Kali Lipat

Rabu, 6 Juli 2022 | 18:34 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - PT Bank KB Bukopin Tbk (KB Bukopin) memacu jumlah transaksi via digital tumbuh dua kali lipat pada 2022. Sejumlah strategi tengah disiapkan, mulai dari aspek teknologi, pemasaran, sumber daya manusia (SDM), hingga meramu super app terbaru.

Executive Vice President-Digital Division Head Bank KB Bukopin, Charles Budiman menjelaskan, peta jalan digital berhasil didefinisikan KB Bukopin pada akhir 2021. Pihaknya meyakini akselerasi penyediaan layanan berbasis digital yang kini dilakukan perusahaan dapat beriringan dengan peningkatan jumlah transaksi digital.

Advertisement

"At least kami ingin men-double-kan (transaksi digital) apa yang sudah kami punya sekarang. Karena untuk layanan digital dari KB Bukopin ini betul-betul dilakukan atau baru secara masif di tahun ini. Angkanya at least double," ujar Charles di Jakarta, Rabu (6/7).

Menurut Charles Budiman, tahap eksekusi strategi menjadi penting untuk bisa memacu jumlah transaksi digital tahun ini. Aspek pemasaran dengan target nasabah milenial, misalnya, akan diimplementasikan mengikuti isu terkini lewat pendekatan teknologi.

Selain itu, kata dia, perseroan tengah mengembangkan kemampuan SDM internal. "Pelatihan SDM untuk mencapai kapasitas dan kapabilitas, serta melakukan utilisasi terhadap kemampuan dan pengetahuan para ahli yang kami punya dari kantor pusat di Korea Selatan. Jadi, itu yang mau kami perluas untuk bisa mengembangkan orang-orang kita di sini," papar dia.

Charles mengungkapkan, pengembangan SDM internal menyangkut kapasitas dan kapabilitas teknologi informasi (TI) menjadi sangat penting. Apalagi saat ini ketersediaan tenaga ahli di Indonesia tidak sebanding dengan kebutuhan di lapangan.

Perkaya Produk dan Layanan

Pada saat yang sama, menurut dia, KB Bukopin terus memperkaya produk dan layanan di aplikasi Wokee. Sudah ada beberapa layanan transaksi digital, seperti pembayaran listrik, air, pulsa, dan lainnya.

“Lebih dari itu, Wokee hadir dengan sejumlah produk pembeda. Misalnya produk tabungan dengan bunga setingkat deposito, yakni sekitar 3,5% dan hadirnya layanan semacam pembagian tagihan (split bill),” ujar dia.

Charles menuturkan, produk, layanan, termasuk fitur Wokee bakal terus ditambah menyesuaikan kebutuhan nasabah KB Bukopin. Bahkan, dalam berapa waktu ke depan, pihaknya akan memperkenalkan versi terbaru Wokee. KB Bukopin pun akan memperkenalkan super app dengan fitur yang lebih beragam.

"Super app (diluncurkan) tahun depan. Tetapi sambil menunggu super app, akan ada versi terbaru Wokee saat ini. Super app yang akan kami buat itu sangat melengkapi layanan yang ada saat ini pada aplikasi Wokee," ungkap dia.

Dia menambahkan, saat ini terdapat 56 ribu pengguna terdaftar Wokee, dengan jumlah pengguna aktif relatif lebih sedikit. Sedangkan total nasabah ritel KB Bukopin mencapai 1,6 juta. "Jadi, (pengguna aplikasi) masih relatif kecil, ruang untuk bisa kembangkan sangat besar," ucap Charles.

Editor : Abdul Aziz (abdul_aziz@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN