Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Petugas bank melayani nasabah dengan salah satu aplikasi digital Bank Mandir. Foto ilustrasi:  BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Petugas bank melayani nasabah dengan salah satu aplikasi digital Bank Mandir. Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Bank Mandiri Dinilai Berhasil Terapkan GCG

Jumat, 4 September 2020 | 11:25 WIB
Novy Lumanauw (novy@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Ketua Komite Nasional Kebijakan Governance Mas Achmad Daniri mengapresiasi langkah-langkah konkret yang dilakukan manajemen Bank Mandiri sehingga berhasil menerapkan Good Corporate Governance (GCG) dalam membentuk para bankir menjadi pribadi yang loyal, berdedikasi, dan berdaya saing sehingga dapat ditempat di mana saja.

Daniri menyebutkan bahwa kinerja Bank Mandiri dapat disejajarkan dengan bank-bank asing papan atas yang beroperasi di negeri ini karena telah menjadi candradimuka para bankir di Indonesia.

"Good Corporate Governance  yang diterapkan di Bank Mandiri tetap dijadikan sebagai rujukan meskipun mereka pindah ke tempat lain. Zaman dulu, Citibank dijadikan sebagai candradimuka bagi para bankir, sekarang Bank Mandiri menjadi seperti Citibank. Jebolan Bank Mandiri dipakai bank-bank lain, bahkan di perusahaan nonbank," kata Daniri di Jakarta, pada Jumat (4/9/2020).

Petugas bank melayani nasabah dengan salah satu aplikasi digital Bank Mandiri di sela-sela peresmian pengoperasian Kantor Cabang Pembantu (KCP) Menara Astra di Jakarta, Kamis (9/7/2020). Foto:  BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal
Petugas bank melayani nasabah dengan salah satu aplikasi digital Bank Mandiri. Foto: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Selain itu, kata Daniri, di Bank Mandiri juga terdapat subsidiary governance –   induk dan anak perusahaan – yang tertata dengan baik sehingga menyatu dengan semangat kerja di institusi itu. 

“Sebab banyak anak dan cucu perusahaan ada di Bank Mandiri. Mereka secara khusus membuat semacam pedoman subsidiary governance yang kemudian disahkan pada RUPS Bank Mandiri. Dan, ini tertata dengan baik," jelas dia.

Dikatakan, apabila mengikuti Undang Undang Perseroan Terbatas (UU PT), filosofinya adalah separate entity, pengelolaan dan aset perusahaan diatur secara terpisah supaya perusahaan mengatur dirinya sendiri.

“Berarti bagus pola pengaturan Bank Mandiri sehingga solid. Kemana pun mereka pergi, pengaturannya tetap sama dan solid," jelas Daniri.

Seperti diberitakan, para bankir Bank Mandiri saat ini menempati posisi penting di sejumlah Bank Himbara  dan perusahaan milik pemerintah. Contohnya, Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Sunarso, Direktur PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Pahala Mansury, dan terakhir Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk  yang dipercayakan kepada Royke Tumilaar. 

Selain Royke Tumilaar, ada juga diaspora Bank Mandiri yang ditugaskan di BNI yaitu,  Silvano Rumantir (Direktur Corporate Banking), David Pirzada (Direktur Manajemen Risiko), Muhammad Iqbal (Direktur Bisnis UMKM), Novita Widya Anggraini (Direktur Keuangan).

Di PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk  sedikitnya ada empat bankir Bank Mandiri yang dipercayakan untuk menduduki posisi puncak. Mereka adalah  Pahala Mansyuri selaku  Direktur Utama, Setyo Wibowo (Direktur Enterprise Risk, Big Data & analityc), Jasmin (Direktur Distribusi dan Ritel Funding) dan Nixon Napitupulu (Direktur Keuangan).

Sedangkan di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk  terdapat tiga bankir jebolan Bank Mandiri, yaitu Sunarso sebagai Direktur Utama, Agus Sudiarto (Direktur Manajemen Risiko), Handayani (Direktur Konsumer).

Bank Mandiri sebagai bank milik pemerintah dinilai sukses menjadi modern dan sekaligus juga sebagai center of excellence. 

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN