Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Rivan A Purwantono, Dirut Bank Bukopin  Sumber: BSTV

Rivan A Purwantono, Dirut Bank Bukopin Sumber: BSTV

Bukopin Fokus Segmen Ritel

Sabtu, 11 Juli 2020 | 18:57 WIB
Nida Sahara ( nida.sahara@investor.co.id) ,Esther Nuky ( esther@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Memasuki ulang tahun emas, Bank Bukopin berhasil makin memikat KB Kookmin Bank, yang dipastikan mengeksekusi hak pada Penawaran Umum Terbatas (PUT) V dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu, sehingga kepemilikan sahamnya naik dari 22% ke minimal 26%.

Bukopin akan melakukan rights issue lagi, sehingga grup perusahaan keuangan terbesar di Korea Selatan itu menguasai minimal 51% saham hingga akhir tahun ini.

Direktur Utama PT Bank Bukopin Tbk Rivan A Purwantono  Rivan menjelaskan, dana hasil rights issue akan digunakan untuk ekspansi kredit perseroan di segmen UMKM dan konsumer. Rencana ekspansi ini juga sesuai dengan target perseroan untuk makin fokus membidik segmen ritel yang berasal dari UMKM dan konsumer.

Hingga 2022, perseroan menargetkan 67% kredit akan disalurkan ke segmen ritel, sedangkan 33% sisanya mengalir ke segmen komersial atau korporasi.

“Bukopin mempunyai pengembangan bisnis sampai 2022 yang fokusnya tetap ke bisnis ritel, ritel ini adalah UMKM dan individual, konsumer masuk di dalamnya. Komposisinya harus 67-70% di ritel, ini sama persis dengan spirit Kookmin, sisanya 33% komersial atau korporasi,” kata Rivan dalam acara BeritaSatu TV bertajuk Special Dialogue: Tahun Emas Bukopin yang dipandu Direktur Pemberitaan BeritaSatu Media Holdings Primus Dorimulu, Jakarta, Jumat (10/7).

Rivan A Purwantono, Dirut Bank Bukopin dalam perbincangan dengan Direktur Pemberitaan Primus Dorimulu di acara  Special Dialogue Beritasatu TV, Jumat (10/7/2020). Sumber: BSTV
Rivan A Purwantono, Dirut Bank Bukopin dalam perbincangan dengan Direktur Pemberitaan Primus Dorimulu di acara Special Dialogue Beritasatu TV, Jumat (10/7/2020). Sumber: BSTV

Dengan KB Kookmin Bank menjadi PSP, pada tahun ini, perseroan akan mengeluarkan produk dengan menggunakan teknologi yang lebih canggih untuk memenuhi kebutuhan nasabah. Ini dengan menggunakan tata kelola dan teknologi yang diterapkan Kookmin.

“Tidak lama lagi, di 2020 akhir, kami keluarkan produk dan layanan dengan aspek teknologi yang diterapkan Kookmin. Ini membawa kami akhirnya kembali tampil sebagai market leader di UMKM khususnya,” ucap Rivan.

Dia menyebut, saat ini komposisi segmen kredit UMKM di Bukopin sebesar 57%, yang diklaimnya sebagai tertinggi dibanding bank-bank lain di Indonesia. Pihaknya juga akan menjaga komposisi segmen UMKM tetap di kisaran 57-60%.

“Dibandingkan seluruh bank lain, (dengan dukungan Kookmin) tidak ada yang sebanding dengan Bukopin. Peluang usaha kami semakin lebar, akuisisi pasar makin lebar, dan peran teknologi akan membantu,” tutur dia.

Kontribusi Besar terhadap RI

Pergerakan harga saham Bukopin
Pergerakan harga saham Bukopin

Rivan mengatakan lebih lanjut, masuknya Kookmin sebagai PSP Bukopin tidak hanya memberikan kontribusi besar terhadap Bukopin, namun juga terhadap perekonomian Indonesia.

Pasalnya, bank raksasa di Korea tersebut masih akan fokus mengembangkan segmen UMKM di Indonesia yang membutuhkan dukungan pendanaan.

“KB Kookmin bisa berkontribusi besar pada perekonomian Indonesia. Ini karena masyarakat bankable disentuh, unbankable disentuh, UMKM tetap dilakukan,” tandasnya. Bahkan, bisnis koperasi binaan Bank Bukopin – atau disebut Swamitra – juga akan dikembangkan. Swamitra yang merupakan kemitraan channeling dengan koperasi yang maju ini ditargetkan makin banyak, dari saat ini 511 menjadi 1.000 koperasi dalam kurun waktu tiga tahun ke depan.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN