Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pekerja sedang membersihkan logo Bank CIMB Niaga di Jakarta. Foto ilustrasi:  Beritasatu Photo/Uthan AR

Pekerja sedang membersihkan logo Bank CIMB Niaga di Jakarta. Foto ilustrasi: Beritasatu Photo/Uthan AR

CIMB Niaga Syariah Bidik Pembiayaan Syariah Card Tembus Rp 1 Triliun

Senin, 16 Agustus 2021 | 04:29 WIB
Nida Sahara ( nida.sahara@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Unit Usaha Syariah PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) terus mendorong penggunaan syariah card dengan berbagai strategi. Hingga akhir tahun ini ditargetkan pembiayaan syariah card menembus Rp 1 triliun.

Sampai dengan semester I-2021, outstanding pembiayaan syariah card CIMB Niaga Syariah mencapai Rp 893 miliar, atau tumbuh 13% secara tahunan (year on year/yoy).

"Iya betul, year on year growth 13%. Untuk target sampai dengan akhir tahun adalah tumbuh menjadi Rp 1 triliun," ungkap Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara kepada Investor Daily, akhir pekan lalu.

Nasabah melakukan pembayaran zakat menggunakan OCTO Mobile dari CIMB Niaga. Di tengah PPKM, CIMB Niaga Syariah terus mengoptimalkan fitur pembayaran Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) yang dimiliki OCTO Mobile guna memfasilitasi masyarakat yang ingin berdonasi kepada Lembaga Amil Zakat untuk disalurkan bagi para mustahik. Foto: Ist
Nasabah melakukan pembayaran zakat menggunakan OCTO Mobile dari CIMB Niaga.  . Foto: Ist

Pandji memaparkan sejumlah strategi yang dilakukannya untuk mencapai target tersebut. Pertama, menambah jumlah pemegang kartu pembiayaan dengan cara mengakuisisi nasabah kartu baru, baik kartu utama dan kartu tambahan.

CIMB Niaga Syariah juga tercatat sebagai salah satu bank syariah dengan pengguna syariah card yang besar di Indonesia yaitu sebanyak 463 ribu, dengan market share sekitar 62% secara industri.

Kedua, Memperbanyak program-program usage seperti cicilan 0%, cashback, diskon, dan lainnya dengan merchant-merchant tertentu fokus ke e-commerce dan groceries.

"Ketiga, menjalin sinergi dan partnership dengan syariah community yang ada di market untuk offering syariah card bagi para anggota komunitas," lanjut dia.

Keempat, meningkatkan penjualan syariah card melalui office channeling atau cabang-cabang konvensional dan telesale channel.

Kelima, membuat program konversi transaksi menjadi program cicilan 0% melalui OCTO Mobile dan program Cash Plus yaitu program pemberian cicilan dana tunai dengan memotong limit syariah card.

"Keenam, mengembangkan layanan online form, di mana nasabah dapat mengajukan aplikasi syariah card secara digital atau online," papar Pandji.

CIMB Niaga Syariah memiliki dua produk syariah card, yaitu Syariah Gold dan Syariah Platinum. Kedua kartu tersebut diharapkan menjadi solusi bagi masyarakat untuk mempermudah berbagai transaksi sesuai prinsip syariah yang didasarkan kepada tiga akad yaitu kafalah (penjaminan), qardh (pinjaman), dan ijarah (penyediaan jasa).

Selain itu, nasabah syariah card juga dapat memanfaatkan fitur-fitur lainnya di OCTO Mobile. Diantaranya, melihat statement syariah card hingga 6 bulan terakhir yang bisa diunduh ke ponsel atau dikirimkan ke email terdaftar. Adapun, sisa limit syariah card yang tersedia, jumlah pemakaian, serta jumlah tagihan terakhir yang harus dibayarkan dan tanggal pembayaran juga bisa dilihat di OCTO Mobile.   

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN