Menu
Sign in
@ Contact
Search
EO & Co-Founder DANA Vince Iswara.

EO & Co-Founder DANA Vince Iswara.

DANA Tingkatkan Batas Nilai Saldo dan Transaksi Uang Elektronik

Rabu, 6 Juli 2022 | 20:37 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Penyelenggara dompet digital (e-wallet), DANA Indonesia, mulai meningkatkan batas nilai saldo uang elektronik registered yang dapat disimpan dari Rp 10 juta menjadi Rp 20 juta. Selain itu, DANA meningkatkan limit transaksi bulanan uang elektronik dari Rp 20 juta menjadi 40 juta.

Kenaikan batas nilai saldo dan transaksi uang elektronik pada platform DANA mulai diberlakukan pada Rabu, 6 Juli 2022. Perusahaan pun memastikan tetap menjaga aspek keamanan, kemudahan, dan kenyamanan pengguna dalam bertransaksi.

Langkah DANA ini menjadi bagian dalam implementasi kebijakan Bank Indonesia (BI). Batas nilai saldo dan batas transaksi uang elektronik dengan besaran tersebut telah dapat diberlakukan mulai 1 Juli 2022.

CEO & Co-Founder DANA Indonesia, Vince Iswara meyakini, keikutsertaan DANA dan dompet digital lainnya dapat mendorong inovasi sistem pembayaran, termasuk dalam rangka mendukung program pemerintah dan percepatan pemulihan ekonomi nasional (PEN). Hal itu sekaligus mendorong akselerasi ekonomi dan keuangan digital (EKD) yang inklusif dan efisien melalui kebijakan sistem pembayaran nontunai seperti visi BI.

"Sebagai bagian dari ekosistem ekonomi digital, DANA berkomitmen untuk mendukung penuh kebijakan BI mengenai kenaikan batas nilai saldo uang elektronik yang dapat disimpan dan batas nilai transaksi bulanan uang elektronik registered, kepada pengguna DANA," jelas Vince melalui keterangannya, Rabu (6/7).

Menurut dia, kebijakan BI menaikkan batas nilai saldo dan transaksi adalah cerminan adanya peningkatan akseptasi dan preferensi masyarakat dalam penggunaan dompet digital. Masyarakat mulai menggunakan dompet digital untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan gaya hidup harian.

Data BI memaparkan, uang elektronik tumbuh positif hingga 42,06% pada triwulan I-2022 dibandingkan tahun lalu. Temuan serupa mengenai kedekatan masyarakat dengan dompet digital juga dirasakan DANA, yang kini memiliki lebih dari 110 juta pengguna dan setiap harinya melayani lebih dari 10 juta transaksi digital masyarakat.

Vince menjelaskan, penerapan aturan kenaikan batas nilai saldo dan transaksi uang elektronik ini juga diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk bertransaksi dengan QRIS yang sejalan dengan upaya digitalisasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Apalagi kemudahan menerima pembayaran nontunai sudah dirasakan UMKM mitra DANA Bisnis, yang jumlahnya kini mencapai lebih dari 500 ribu UMKM dan mengalami kenaikan transaksi hingga 35%.

Sebagai perusahaan teknologi keuangan berbasis dompet digital, menurut Vince Iswara, DANA terus berkomitmen untuk berperan serta dalam mempercepat literasi dan inklusi keuangan di Indonesia. Perusahaan juga ikut mengimplementasikan aturan ini kepada pengguna DANA yang memiliki akun DANA Premium.

“Guna memastikan implementasi kebijakan BI tersebut berjalan dengan baik, DANA senantiasa mengedukasi dan mengajak pengguna melalui berbagai kanal komunikasi yang dimiliki. Utamanya agar pengguna segera melakukan verifikasi akun (KYC) menjadi DANA Premium,” papar dia.

Editor : Abdul Aziz (abdul_aziz@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com