Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
HSBC  Indonesia. Foto: IST

HSBC Indonesia. Foto: IST

HSBC Ikut Salurkan Kredit Proyek Satelit Satria

Selasa, 22 Juni 2021 | 23:11 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - PT Bank HSBC Indonesia menjadi bagian dalam penyaluran kredit terkait proyek Satelit Republik Indonesia (SATRIA) senilai US$ 545 juta, dengan tenor 15,5 tahun. Adapun Satelit Satria rencananya akan diluncurkan pada tahun 2023.

Global Banking Director HSBC Riko Tamasya menyampaikan, proyek infrastruktur tersebut menjadi fokus dari perusahaan untuk mendukung perkembang telekomunikasi di Indonesia, termasuk juga karena memberikan dampak sosial yang tinggi. Pihaknya tentu merasa bangga dan turut berkomitmen penuh karena proyek telah sesuai dengan profil risiko dari perusahaan.

"Total investasi untuk proyek ini adalah US$ 545 juta, tenor pembiayaan mencapai 15,5 tahun. Kami menerapkan suku bunga yang kompetitif, banyak value yang dapat tercipta dari peluncuran Satelit Satria ini," kata Riko, Selasa (22/6).

Dia menyampaikan, pihaknya memiliki pengalaman terkait penyaluran kredit pada proyek pembangunan satelit. Di masa mendatang, HSCB diyakini akan semakin berkembang dan diharapkan kembali dipercaya pada proyek-proyek infrastruktur selanjutnya.

President Director Bank HSBC Indonesia François de Maricourt menjelaskan, permintaan terhadap integrasi data akan terus meningkat selama pandemi dan di masa mendatang. Kombinasi jaringan global dan kemampuan HSBC dalam strukturisasi pembiayaan dipercaya mampu ikut serta mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Untuk itu, melalui dukungan jaringan global serta keahlian HSBC dalam strukturisasi pembiayaan, kami berkomitmen untuk membantu membuka akses bagi sekolah, fasilitas publik serta masyarakat di daerah tertinggal untuk bisa terhubung dan tumbuh, khususnya melalui SATRIA, yang kami yakini akan berperan penting dalam memperkuat konektivitas digital Indonesia, serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih berkelanjutan di Indonesia," ucap dia.

Melalui Direktorat Global Banking, HSBC memanfaatkan jaringan globalnya dalam menghadirkan solusi perbankan yang terintegrasi untuk mendukung kesuksesan proyek SATRIA, termasuk advisory, arranging, hedging, trade finance, dan layanan account & agency. Sebagai satu satunya Financial Advisor dan Sole Social Structuring Bank untuk proyek SATRIA, HSBC memimpin strukturisasi pembiayaan multi-tranche  yang terdiri dari kredit dengan jaminan BPIfrance yang dibiayai oleh HSBC, Santander dan Korea Development Bank, serta kredit komersial tanpa jaminan yang dibiayai oleh Asian Infrastructure Investment Bank dan Korea Development Bank.

SATRIA sendiri diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Teknologi Informatika RI untuk menyediakan layanan internet pita lebar (broadband) termasuk akses WiFi gratis, di lebih dari 150.000 titik pelayanan publik termasuk sekolah, rumah sakit, dan kantor pemerintahan di daerah terpencil di Indonesia. Proyek SATRIA merupakan inisiatif pemerintah untuk mengurangi kesenjangan digital dan memenuhi kebutuhan online secara cepat seiring pandemi Covid-19.

Proyek tersebut juga termasuk ke dalam Proyek Strategis Nasional Pemerintah Indonesia dan menjadi salah satu kunci pengembangan konektivitas broadband secara nasional, mengingat kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau dengan masih banyak masyarakat yang belum terjangkau akses internet. Melalui proses tender yang sangat kompetitif, Konsorsium Pasifik Satelit Nusantara (PSN) telah ditunjuk untuk membangun, memiliki, dan mengoperasikan satelit broadband dalam proyek SATRIA.

President Director, PT Pasifik Satelit Nusantara Adi Rahman Adiwoso menerangkan, penguatan dan perluasan konektivitas digital akan sangat meningkatkan akses pendidikan serta pelayanan kesehatan yang berkualitas, apalagi di era digital seperti saat ini. Hal itu sekaligus menurunkan tingkat kesenjangan ekonomi dan infrastruktur, yang menjadi bagian dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Indonesia.

"Dengan adanya proyek SATRIA, kami berharap PSN dapat membantu ribuan sekolah serta fasilitas pelayanan publik, juga membuka akses internet yang setara bagi jutaan masyarakat dari Sabang hingga Merauke," jelas Adi

Satelit SATRIA akan diluncurkan pada 2023. Proyek tersebut bakal melengkapi berbagai inisiatif pemerintah sebelumnya termasuk Palapa Ring yang termasuk di dalam Proyek Strategis Nasional Pemerintah Indonesia. HSBC juga sebelumnya telah memberikan fasilitas bank guarantee yang signifikan dalam pembangunan jaringan serat optik 4G Indonesia yang termasuk dalam proyek Palapa Ring.    

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN