Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pernyataan secara bersama-sama para penerima Best Syariah 2020, Selasa (20/10/2020). Sumber: BSTV

Pernyataan secara bersama-sama para penerima Best Syariah 2020, Selasa (20/10/2020). Sumber: BSTV

Institusi dan Produk Syariah Terbaik 2020 Versi Majalah Investor

Rabu, 21 Oktober 2020 | 06:00 WIB
Thomas Harefa (thomas@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Apresiasi untuk industri syariah Indonesia kembali digelar lewat Investor Best Syariah Awards 2020. Seperti tahun lalu, penghargaan diberikan untuk 13 institusi keuangan syariah dan 15 produk keuangan syariah. Penghargaan juga diberikan kepada empat tokoh yang selama ini ikut berkontribusi pada perkembangan industri keuangan syariah nasional.

Atas pertimbangan Dewan Juri, tahun ini diberikan satu Special Award untuk satu institusi keuangan syariah yang dinilai sukses melakukan turn around setelah bisnisnya sempat mengalami kemandekan.

Adapun institusi keuangan peraih Investor Best Syariah Awards 2020 meliputi 5 bank (stand alone dan unit usaha syariah/UUS), 7 perusahaan asuransi, dan 1 perusahaan multifinance. Pada kelompok bank syariah dengan aset di atas Rp 20 triliun, PT Bank Syariah Mandiri meraih predikat sebagai bank syariah terbaik.

Sedangkan pada kategori aset di bawah Rp 20 triliun, diraih oleh PT Bank BTPN Syariah Tbk untuk ketigakalinya meraih penghargaan yang sama sejak 2018.

Sementara itu, untuk kelompok unit usaha syariah (UUS) perbankan, PT Bank CIMB Niaga Tbk kembali menjadi yang terbaik untuk kategoriUUS aset di atas Rp 5 triliun.

Selanjutnya UUS terbaik dengan aset Rp 2-5 triliun, penghargaan diberikan pada PT BPD Sumatera Selatan dan Bangka Belitung. Sedangkan PT Bank BPD DIY menjadi UUS terbaik untuk kategori aset di bawah Rp 2 triliun.

Penghargaan juga diberikan untuk 3 asuransi jiwa syariah terbaik dan 3 asuransi umum syariah terbaik.

Seperti tahun lalu, tidak ada pemisahan antara asuransi full syariah dengan asuransi cabang syariah. Tahun ini, asuransi jiwa syariah dengan terbaik kelompok aset di atas Rp 1 triliun diraih dua perusahaan sekaligus yakni PT Prudential Life Assurance dan PT AIA Financial. Keduanya meraih skor yang sama, sehingga Dewan Juri menetapkan dua pemenang pada kelas yang sama.

Selanjutnya pada kelompok aset antara Rp 200 miliar-Rp 1 triliun, penghargaan diraih PT Asuransi Simas Jiwa.

Sedangkan asuransi jiwa dengan aset kurang dari Rp 200 miliar diraih PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia. Penghargaan untuk asuransi umum syariah terbaik diberikan pada dua kelompok aset. Pada kelompok asuransi umum dengan aset di atas Rp 100 miliar, posisi terbaik diraih PT Asuransi Sinar Mas.

Selanjutnya untuk kelompok aset kurang dari 100 miliar, penghargaan diberikan pada PT Asuransi Reliance Indonesia. Masih dari kelompok asuransi, tahun ini Dewan Juri sepakat memberikan Spacial Award untuk PT Asuransi Takaful Umum dengan predikat Most Agile Insurance karena dinilai punya resiliensi bisnis yang mumpuni.

Seperti tahun lalu, penghargaan untuk multifinace syariah tahun ini pun tanpa pemisahan antara multifinance syariah penuh (full fledge) maupun unit syariah multifinance dan tanpapemisahan berdasarkan kelas aset. PT Mandala Multifinance Tbk kembali mengulang prestasi tahun lalu menjadi multifinance syariah terbaik 2020.

Pemeringkatan sukuk dan reksa dana syariah untuk Investor Syariah Award merupakan hasil kerja sama Litbang Majalah Investor dengan PT Infovesta Utama, lembaga riset reksa dana dan obligasi. Produk sukuk dinilai berdasarkan kinerja fundamental dan risk adjusted return.

Dari kelompok sukuk ijarah, penghargaan jatuh kepada Sukuk Ijarah Berkelanjutan I Global Mediacom Tahap I Tahun 2017 Seri A yang diterbitkan PT Global Mediacom Tbk. Sedangkan dari kelompok sukuk mudharabah, penghargaan jatuh kepada Sukuk Mudharabah Berkelanjutan I SMI Tahap I Tahun 2018 Seri A yang diterbitkan PT Sarana Multi Infrastrutur (Persero).

Penghargaan untuk produk reksa dana saham syariah terbaik diberikan untuk periode 1, 3, dan 5 tahun. Reksa dana syariah denominasi rupiah terbaik periode 1 tahun diraih Simas Equity Syariah terbitan PT Sinarmas Asset Management.

Sedangkan reksa dana saham terbaik periode 3 tahun diraih Reksa Dana Syariah Capital Sharia Equity yang diterbitkan PT Capital Asset Management.

Sedangkan Reksa Dana saham syariah terbaik periode 5 tahun diraih Sucorinvest Sharia Equity Fund dari PT Sucorinvest Asset Management. Dari kelompok Reksa Dana saham syariah denominasi dolar, reksa dana BNP Paribas Cakra Syariah USD yang diterbitkan PT BNP Paribas Asset Management menjadi yang terbaik kategori 1 dan 3 tahun. Kategori ini hanya diberikan untuk kelompok 1 dan 3 tahun.

Sementara Reksa Dana campuran syariah periode 1 tahun diraih Insight Syariah Berimbang ( I-SHARE ) terbitan PT Insight Invesments Management. Sedangkan Mandiri Investa Syariah Berimbang dari PT Mandiri Manajemen Investasi menjadi yang terbaik untuk periode 3 dan 5 tahun. PT Insight Invesments Management mencetak prestasi khusus karena memborong semua penghargaan reksa dana terbaik untuk reksa dana pendapatan tetap syariah.

Untuk periode 1 tahun, penghargaan diberikan pada Insight Simas Asna Pendapatan Tetap Syariah I Asna. Sedangkan periode 3 dan 5 tahun diraih I - Hajj Syariah Fund. PT Sucorinvest Asset Management berhasil menempatkan produknya, Sucorinvest Sharia Money Market Fund sebagai reksa dana pasar uang syariah terbaik periode 1 tahun.

Sedangkan Pinnacle Sharia JII Tracker dari PT Pinnacle Persada Investama menjadi RD ETF & Indeks syariah terbaik periode 1 tahun.

Kriteria Penilaian

Adiwarman Karim, Founder Karim Consulting  dalam Diskusi bertema Bisnis Syariah di Tengah Pandemi, serangkaian acara Best Syariah 2020 Majalah Investor, Selasa (20/10/2020). Sumber: BSTV
Adiwarman Karim, Founder Karim Consulting, Ketua Dewan Yuri   Best Syariah 2020 Majalah Investor.  Sumber: BSTV

Penilaian kinerja keuangan institusi syariah sebagian besar mengacu pada penilaian institusi konvensional, namun beberapa kriteria disesuaikan dengan parameter syariah. Pemeringkatan bank syariah, asuransi syariah dan multifinance syariah hanya menggunakan penilaian kuantitatif berdasarkan kinerja finansial. Dalam penilaian kuantitatif, ada sejumlah parameter yang digunakan untuk penilaian.

Pada bank syariah, misalnya, digunakan 17 indikator, termasuk CAR (capital adequacy ratio), NPF (non performing financing), ROA (return on asset), ROE (return on equity), NIM (net interest margin), BOPO, cash provision, pertumbuhan pembiayaan, return mudarabah, return ijarah.

Tim juri Investor Best Syariah Award terdiri atas para pakar di industri keuangan syariah, yakni Adiwarman Karim, Iggi Achsien, Tatang Nurhidayat, dan Dr Josep Ginting.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN