Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Bank Bukopin. Foto: David Gita Rosa

Bank Bukopin. Foto: David Gita Rosa

Private Placement Disetujui, Bukopin akan Segera Eksekusi

Selasa, 25 Agustus 2020 | 23:15 WIB
Nida Sahara ( nida.sahara@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - PT Bank Bukopin Tbk dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) menyetujui rencana penyetoran modal melalui private placement oleh KB Kookmin Bank. Dengan disetujuinya aksi tersebut, perseroan akan segera melaksanakan proses tersebut untuk menambah rasio permodalan (capital adequacy ratio/CAR) jadi 17%.

Direktur Utama Bank Bukopin Rivan A. Purwantono mengatakan, terkait pelaksanaan RUPSLB tersebut, terdapat empat agenda yang dibahas oleh Bank Bukopin dan dimintakan persetujuan kepada para pemegang saham, antara lain persetujuan atas penyesuaian Pasal 3 Anggaran Dasar Perseroan, persetujuan atas perubahan Pasal 4 Ayat 1 dan 2 Anggaran Dasar Perseroan, persetujuan atas aksi korporasi perseroan melalui skema Penambahan Modal Tanpa Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD), dan persetujuan perubahan susunan anggota direksi dan dewan komisaris perseroan. Proses private placement yang akan segera dieksekusi, target dana yang dihimpun sebesar Rp 3,5 triliun.

Dalam agenda pertama, perseroan meminta persetujuan kepada para pemegang saham untuk melakukan penyesuaian Anggaran Dasar Bank Bukopin pada Pasal 3. Hal tersebut perlu dilakukan sehubungan dengan maksud dan tujuan serta kegiatan usaha Perseroan dengan klasifikasi baku lapangan usaha Indonesia (KBLI) 2017.

Masih berkaitan dengan Anggaran Dasar, dalam agenda kedua pun perseroan meminta persetujuan kepada para pemegang saham untuk dapat melakukan perubahan terhadap Anggaran Dasar pada Pasal 4 Ayat 1 dan 2. Perubahan tersebut dilakukan sehubungan dengan peningkatan modal dasar serta modal ditempatkan dan disetor perseroan dalam kaitannya dengan pelaksanaan PMTHMETD. Atas hasil pelaksanaan PMTHMETD, modal dasar perseroan akan bertambah hingga kisaran Rp 3,5 triliun, setelah sebelumnya berada
pada posisi Rp 2,5 triliun.

"Target dana dari private placement ini Rp 3,5 triliun yang kita dapat, untuk harga saham belum diumumkan, tapi tetap pada GCG valuasi pada laporan keuangan untuk dapat ketepatan pricing," jelas Rivan dalam konferensi pers virtual, Selasa (25/8).

Pada agenda berikutnya, perseroan meminta persetujuan dari para pemegang saham untuk dapat melaksanakan aksi korporasi melalui skema PMTHMETD. Dalam aksi tersebut perseroan akan menerbitkan sejumlah saham baru yang akan diserap langsung oleh KB hingga porsi kepemilikan sahamnya mencapai 67% di Bank Bukopin.

"Ini kan khusus ya, mesti diketahui, satu kesatuan konsep yang mendasari untuk penyelamatan ekonomi nasional, maka diperkenankan private placement supaya recovery cepat," jelas Rivan.

Hal tersebut sejalan dengan komitmen KB dalam memberikan kontribusinya terhadap penguatan fundamental Bank Bukopin, sehingga kinerja perseroan dapat tumbuh berkelanjutan. Bank Bukopin berhasil mendapat restu dari para pemegang saham yang hadir dalam rapat untuk segera melaksanakan aksi korporasi ini. Sebanyak 96,12% suara dari seluruh pemegang saham yang hadir dalam rapat setuju atas aksi tersebut.

Agenda terakhir dalam rapat ini membahas mengenai perubahan susunan anggota direksi dan komisaris perseroan. Bank Bukopin melalui Komite Nominasi dan Remunerasi merekomendasikan 8 nama baru untuk menggantikan jabatan sejumlah tersebut.

Dari beberapa nama yang diajukan terdapat 5 nama yang berasal dari KB. Kelima nama tersebut akan menduduki posisi Komisaris dan direksi perseroan. Tiga nama lainnya berasal dari masing-masing perwakilan Manajemen Bank Bukopin, KB, dan BNI yang mewakili pemerintah.

Berdasarkan hasil keputusan RUPSLB tahun 2020 Bank Bukopin komposisi dewan komisaris dan direksi Bank Bukopin untuk periode 2019-2024 antara lain, posisi Komisaris Utama Independen diduduki oleh Mustafa Abubakar. Posisi Komisaris ditempati Nanang Supriyatno, Deddy SA Kodir, Susiwijono, Chang Su Choi. Komisaris Independen ditempati oleh Sapto Amal Damandari, Bo Youl Oh, dan Hae Wang Lee.

Sementara itu, Direktur Utama masih dijabat oleh Rivan A. Purwantono, posisi Direktur ditempati oleh Adhi Brahmantya, Ji Kyu Jang, Eui Hyun Shin, Hari Wurianto, Helmi Fahrudin, Jong Hwan Han, Dodi Widjajanto, dan Sheng Hyup Shin.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN