Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Foto ilustrasi: PT Bank Bukopin Tbk (BBKP)/IST

Foto ilustrasi: PT Bank Bukopin Tbk (BBKP)/IST

Saham BBKP Melejit, Kookmin Bank Jadi Pemegang Saham Pengendali Bukopin

Listyorini, Senin, 18 Mei 2020 | 09:56 WIB

JAKARTA, Investor.id – Saham PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) melejit, naik sekitar 15% menjadi Rp 142 pada Senin pagi menyusul informasi bahwa Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah memproses penyesuaian kepemilikan Kookmin Korea Bank sebagai pengendali PT Bank Bukopin.

"OJK menerima informasi dari Bank Bukopin yang telah mencapai kesepakatan dengan calon investor yaitu Kookmin Korea Bank untuk menjadi pemegang saham pengendali PT Bank Bukopin," kata Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik OJK, Anto Prabowo, dalam keterangan tertulisnya, Senin (18/5/2020).

Anto menegaskan, OJK mendukung rencana tersebut dan akan segera memproses penyesuaian kepemilikan PT Bank Bukopin sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan. OJK menilai, penguatan aspek permodalan dan likuiditas oleh pemegang saham dan/atau investor diperlukan agar Bank Bukopin dapat meningkatkan kesehatan bank dan menjaga kestabilan sistem keuangan.

KB Kookmin Bank berkomitmen menambah modal PT Bank Bukopin Tbkmelalui penawaran umum terbatas (PUT) V atau rights issue yang rencananya dilaksanakan pada akhir semester I-2020. Bank dari grup konglomerasi keuangan asal Korea Selatan tersebut kini menguasai 22% saham Bank Bukopin.

Direktur Manajemen Risiko Bank Bukopin Jong Hwan Han mengatakan, KB Kookmin Bank memiliki keinginan kuat untuk mendukung penambahan modal Bank Bukopin pada 2020. Hal ini sebagai upaya pemegang saham untuk memperkuat permodalan dan membantu pengembangan bisnis ke depannya.

Sebelumnya, Direktur Utama Bank Bukopin Eko Rachmansyah Gindo mengatakan, proses rights issue saat ini telah memasuki proses penelaahan dokumen tahap akhir. Dari aksi korporasi ini, perseroan berharap akan memperkuat struktur permodalan untuk menghadapi tantangan dan rencana bisnis ke depan.

Masuknya tambahan modal dari KB Kookmin Bank, lanjut Eko, diharapkan dapat membantu pengembangan bisnis Bank Bukopin yang fokus pada segmen ritel, yaitu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan segmen konsumer. Hal ini akan ditopang dengan pengembangan digital banking ke depannya.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN