Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Sun Life Financial Indonesia

Sun Life Financial Indonesia

Sun Life Jalin Kemitraan Dengan K-Link Dorong Lini Syariah

Selasa, 18 Agustus 2020 | 20:01 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id – PT Sun Life Financial Indonesia (Sun Life) menjalin kemitraan jangka panjang dengan platform digital network marketing berprinsip syariah, K-Link. Kolaborasi tersebut disepakati berjalan hingga sepuluh tahun mendatang, salah satunya guna mendorong bisnis syariah perseroan lewat kanal keagenan.

Presiden Direktur Sun Life Elin Waty menyampaikan, bahwa industri keuangan berbasis syariah tengah tumbuh menjadi sumber ekonomi baru yang kian menjanjikan. Sayangnya, potensi ini belum dimanfaatkan secara optimal. Dengan inovasi produk yang sesuai dengan kebutuhan, serta akses yang menjangkau lebih banyak masyarakat Indonesia menjadi upaya yang dapat dilakukan bersama untuk mendorong pertumbuhan industri sekaligus penetrasi asuransi syariah.

"Inilah mengapa, Sun Life terus mengembangkan jalur distribusi yang dimiliki dengan menggandeng mitra terpercaya, salah satunya adalah K-Link. Mengintegrasikan jangkauan mitra K-Link yang tersebar di seluruh Indonesia serta didukung kemampuan digitalnya, dengan pengalaman dan keunggulan Sun Life sebagai pionir di industri asuransi syariah tanah air, kolaborasi ini diharapkan dapat memicu peningkatan inklusi dan penetrasi asuransi syariah di Indonesia," papar Elin lewat siaran pers, Selasa (18/8).

Berdasarkan Survei Nasional Literasi Keuangan (SNLK) 2019 mencatat tingkat literasi keuangan syariah naik tipis dari 8,1% menjadi 8,93%. Sementara tingkat inklusi keuangan syariah turun dari 11,1 persen menjadi 9,1%.

Namun di sisi lain, AASI mencatat hingga penghujung 2019, premi industri asuransi syariah secara total tumbuh 8,69% sementara asetnya tumbuh mencapai 8,44%. Fakta tersebut menunjukkan bahwa meski kesadaran masyarakat akan manfaat dari asuransi syariah terus mengalami peningkatan, namun akses terhadap fasilitas atau jasa keuangan syariah masih terbatas.

Sebagai langkah awal, ucap Elin, para mitra K-Link yang telah berlisensi akan memasarkan produk syariah unggulan dari Sun Life, Asuransi Brilliance Hasanah Sejahtera. Para mitra K-Link yang telah tersertifikasi AASI oleh Sun Life, akan resmi bergabung menjadi Tenaga Pemasar Sun Life Syariah. Dengan demikian, langkah tersebut sekaligus memperkuat jaringan distribusi keagenan untuk produk syariah perseroan.

Presiden Direktur K Link Indonesia Dato’ Dr. H. Md. Radzi Saleh menyatakan, sebagai perusahaan digital network marketing berbasis syariah pertama di Indonesia, komitmen K-Link dalam mendukung pertumbuhan industri syariah di Indonesia telah diwujudkan sejak 2010. Diantaranya dengan membentuk tim yang didedikasikan khusus untuk menangani bisnis syariah dan telah mendapatkan sertifikasi resmi dari DSN MUI.

"Kali ini, bersama Sun Life, kami mengukuhkan komitmen tersebut dengan memberikan akses perlindungan asuransi berbasis syariah terbaik kepada lebih banyak masyarakat, dengan memanfaatkan jangkauan kami yang tersebar diseluruh nusantara,” terang dia.

Dalam kemitraan itu, pihak yang melakukan pemasaran adalah K-Link Sharia Financial Advisor (K-SFA) yang telah memiliki lisensi AASI. Nantinya mereka akan mendapatkan pelatihan yang dijalankan oleh Salam Institute, yaitu pusat pelatihan para Tenaga Pemasar Syariah yang dimiliki oleh Sun Life Indonesia. Program-program pelatihan telah disusun secara detail untuk membantu para K-SFA melakukan penjualan produk Asuransi Brilliance Hasanah Sejahtera dari Sun Life.

Sementara itu, Elin menambahkan, Brilliance Hasanah Sejahtera merupakan produk asuransi jiwa dan investasi berbasis syariah dari Sun Life. Asuransi tersebut memberi proteksi untuk membantu keluarga Indonesia meraih keamanan finansial di setiap tahap kehidupan, mulai dari biaya pendidikan, modal usaha, ibadah, hingga dana hari tua.

Bagi peserta berusia 15-70 tahun, secara otomatis akan mendapatkan perlindungan tambahan berupa asuransi kematian karena kecelakaan dengan santunan asuransi sebesar Rp 100 juta. Produk itu juga menyediakan pilihan investasi berbasis syariah yang beragam dan dikelola secara amanah serta profesional.

Selain itu, sambung Elin, nasabah juga dapat menentukan sendiri kontribusi dan santunan asuransi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya. Untuk manfaat perlindungan lebih, nasabah dapat melengkapi diri dengan berbagai asuransi tambahan untuk memaksimalkan proteksi.

"Untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan inklusi asuransi syariah di tanah air, dibutuhkan sinergi dan kolaborasi dari berbagai pihak, tidak hanya dari pelaku industri, tetapi juga dari beragam sektor," kata Elin.

Dia mengemukakan, kemitraan strategis Sun Life dan K-Link diharapkan dapat membantu meningkatkan eksposur terhadap produk asuransi syariah yang bermanfaat. Dengan begitu, kesadaran dan kepercayaan masyarakat terhadap industri asuransi syariah dapat terus meningkat. Sehingga upaya untuk membangun ekonomi syariah di Indonesia dapat bersama-sama diwujudkan.

Editor : Aris Cahyadi (aris_cahyadi@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN