Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi fintech: beritasatu.com/IST

Ilustrasi fintech: beritasatu.com/IST

Transaksi Fintech Penyedia Jasa Pembayaran Meningkat Pesat saat Periode Mudik

Kamis, 12 Mei 2022 | 05:00 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Periode mudik tahun 2022 menuai berkah tersendiri bagi fintech penyedia jasa pembayaran. Beberapa fintech dengan kategori tersebut mencatatkan peningkatan transaksi pada layanan transfer hingga pembelian produk digital pada periode mudik lebaran tahun tahun ini.

Corporate Communications Lead PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi (Flip) Reza Marta Fawzy menyampaikan, digitalisasi keuangan menjadi salah satu faktor penting yang dicanangkan pemerintah bersama Bank Indonesia (BI) untuk mendorong dan mengakselerasi pemulihan ekonomi. Sebagai salah satu perusahaan teknologi keuangan di Indonesia, Flip turut serta mendukung fokus pemerintah tersebut, termasuk upaya peningkatan layanan transaksi keuangan pada pada periode Ramadan dan Idul Fitri 1443 H.

Advertisement

"Selama Ramadan dan Idul Fitri tahun 2022 ini, transaksi Flip meningkat hingga 2,5 kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun 2021. Kenaikan jumlah transaksi tersebut di antaranya melingkupi layanan transfer antar bank, isi ulang (top-up) e wallet, dan pembelian produk digital (isi pulsa, paket data, tagihan listrik, dan token listrik)," beber Reza kepada Investor Daily, Rabu (11/5/2022).

Baca juga: Tingkatkan Solusi Finansial, BSI dan Ayoconnect Jajaki Kerja Sama Open Banking

Seiring dengan hal tersebut, Flip telah memaksimalkan layanan operasional 24/7 maupun layanan pengguna (customer support) yang responsif selama periode Ramadan dan Idulfitri. Di samping itu, jelang libur Lebaran, pihaknya juga telah menyampaikan pemberitahuan kepada para pengguna Flip terkait perubahan jam operasional pada periode cuti bersama atau libur nasional Idulfitri 1443 H sehingga transaksi para pengguna tetap berjalan dengan lancar.

"Seluruh persiapan tersebut telah dijalankan dengan optimal untuk membantu jutaan masyarakat Indonesia melakukan berbagai macam transaksi keuangan secara praktis, mudah, aman, dan nyaman dari berbagai daerah, termasuk dari kampung halaman masing-masing," ujar Reza.

Ke depannya, sambung dia, Flip akan terus berupaya meningkatkan kualitas layanan bagi para pengguna. Utamanya adalah untuk memudahkan pemanfaatan solusi fintech di tengah masyarakat.

Baca juga: ECB: Kenaikan Suku Bunga Setelah Juli

Dihubungi secara terpisah, Presiden Direktur PT Cashlez Worldwide Indonesia Tbk (Cashlez) Suwandi menyampaikan, periode mudik dan lebaran tahun ini menjadi salah satu perhatian perusahaan karena pemerintah telah mengizinkan masyarakat untuk mudik dan berlibur selama kurang lebih satu minggu. Dengan adanya izin tersebut, perusahaan pun memperkirakan terjadi peningkatan mobilitas dan transaksi masyarakat menjelang maupun saat hari lebaran.

"Tercatat selama periode mudik dan lebaran tahun ini transaksi non-tunai dari merchant Cashlez mengalami peningkatan, khususnya merchant yang bergerak di industri retail, F&B, dan kawasan wisata yang berada di Bandung, Medan dan Jakarta," ujar Suwandi.

Untuk mengantisipasi tren peningkatan itu, Cashlez sebagai fintech payment gateway telah mempersiapkan infrastruktur dengan sebaik mungkin. Utamanya adalah terkait keamanan transaksi serta layanan.

"Kami akan memantau tren transaksi yang terjadi saat mudik, memonitor semua infrastruktur dan memastikan layanan dari Cashlez berjalan dengan baik. Sehingga merchant kami di berbagai daerah tidak mengalami kendala dan dapat melayani tiap transaksi dengan nyaman, baik transaksi dengan kartu, QRIS, Virtual Account, Cashlez Link maupun PayLater," tandas Suwandi.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN