Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI). (Foto: Dok. BNI)

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI). (Foto: Dok. BNI)

Transformasi Bank Mayora Jadi Bank Digital, BNI (BBNI) Ungkap Arah ke Depannya

Minggu, 23 Januari 2022 | 13:22 WIB
Gita Rossiana (gita.rossiana@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) atau BNI mengungkapkan, pihaknya bermaksud untuk membentuk bank digital melalui akuisisi PT Bank Mayora. Ke depan, bank digital tersebut akan fokus pada segmen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Layanan keuangan kepada segmen ini harus dilakukan dengan efektif dan efisien, dimana pendekatan digitalisasi merupakan solusi yang paling relevan,” kata Sekretaris Perusahaan BNI Mucharom kepada Investor Daily.

Dia menegaskan, kehadiran bank digital menjadi satu dari banyaknya solusi digital oleh BNI yang nantinya berbasis ekosistem. “Ke depan, fokus melayani UMKM dalam memenuhi segala kebutuhan layanan finansialnya,” ucapnya.

Adapun segmen UMKM kini memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Segmen ini menyerap hampir 97% tenaga kerja Indonesia dan berkontribusi lebih dari 60% terhadap total GDP Indonesia. Dengan demikian, segmen ini merupakan mesin pertumbuhan ekonomi masa depan.

Baca juga: Begini Skenario BNI (BBNI) Mengakuisisi 63,92% Saham Bank Mayora

Di sisi lain, kerja sama antara BNI dan Mayora Group, salah satu grup usaha fast-moving consumer goods (FMCG) terkemuka di Indonesia, akan memiliki berbagai keunggulan. Salah satunya pengembangan ekosistem FMCG, baik domestik maupun mancanegara, yang merupakan target pasar potensial.

Selain mengakuisisi mayoritas saham Bank Mayora, BBNI akan melakukan pengembangan secara organik, yaitu menghadirkan beragam inovasi untuk memperkuat produk dan layanan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

“BNI tengah menjalankan sejumlah inisiatif untuk bertransformasi menjadi lembaga keuangan yang terunggul dalam layanan kinerja, dengan DNA yang akan BNI miliki nantinya sebagai penyedia solusi finansial terintegrasi berbasis digital dengan keunggulan internasional,” jelas Mucharom.

Baca juga: Bank Mayora Jadi Bank Digital, Nasib Karyawan? Ini Penjelasan BNI (BBNI)

Seperti diberitakan, BNI akan mengakuisisi sebanyak 1,19 miliar (63,92%) saham Bank Mayora. Untuk itu, BNI akan menggelar RUPS untuk meminta persetujuan pemegang saham pada 15 Maret 2022.

BNI bakal mengambil alih sebanyak 1,02 miliar saham baru yang diterbitkan oleh Bank Mayora. Kemudian, BNI akan membeli sebanyak 169,07 juta saham Bank Mayora yang dimiliki International Finance Corporation (IFC), anggota Bank Dunia.

Pengambilalihan Bank Mayora oleh BNI akan dibiayai oleh pendanaan internal BNI, yakni dari dana yang tersimpan sebagai laba ditahan atau kekayaan BNI.

BBNI menargetkan pengambilalihan Bank Mayora efektif pada Mei 2022. Struktur kepemilikan saham Bank Mayora bakal terdiri atas BBNI (63,92%) dan PT Mayora Inti Utama (36,08%). Saat ini, Mayora Inti Utama menguasai 80% saham Bank Mayora. Sisanya 20% saham dimiliki IFC.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN