Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Peserta vaksin lanjut usia (lansia) mengikuti vaksinasi cegah penyebaran Covid-19 di Poltekkes Kemenkes Jakarta II, Jakarta, Jumat (5/3/2021).  Foto ilustrasi: Investor Daily / Emral Firdiansyah

Peserta vaksin lanjut usia (lansia) mengikuti vaksinasi cegah penyebaran Covid-19 di Poltekkes Kemenkes Jakarta II, Jakarta, Jumat (5/3/2021). Foto ilustrasi: Investor Daily / Emral Firdiansyah

Meningkatkan Partisipasi Program Vaksinasi

Minggu, 13 Juni 2021 | 04:35 WIB
Investor Daily

Pemerintah terus menjalankan program vaksinasi Covid-19 nasional. Program vaksinasi dilakukan secara bertahap, disesuaikan antara ketersediaan vaksin dan kelompok rentan tertular virus corona. Kelompok orang lanjut usia (lansia) adalah termasuk ke lompok prioritas dalam tahap program vaksinasi.

Ada beberapa catatan yang layak dikemukakan di forum ini, yang semoga bisa menjadi bahan kajian untuk kian menyukseskan program vaksinasi Covid-19. Kajian berangkat dari fakta bahwa lansia di beberapa --bahkan mungkin banyak daerah—yang belum divaksinasi.

Salah satu contoh ada adalah bahwa berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, sampai awal Juni 2021 terinci progress vaksinasi lansia sebanyak 31.440 orang yang telah mendapatkan vaksinasi pertama, dan 23.412 orang mendapatkan vaksinasi dosis kedua dari total sasaran 717.971 orang lansia.

Ada beragam faktor yang menyebabkan belum semua lansia divaksin Covid-19. Kami tak hendak mengupas semua faktornya, hanya sebatas beberapa di antaranya, yakni tingkat partisipasi para lansia. Para pemangku kepentingan masalah ini tentu perlu melakukan edukasi secara masif untuk meningkatkan partisipasi lansia ikut serta dalam program vaksinasi Covid-19.

Dengan pendekatan yang lebih intensif, semoga bisa membangun kepercayaan masyarakat, terutama lansia, tentang keamanan dan kegunaan vaksin bagi meningkatkan imunitas tubuh selama pandemi Covid-19. Sosialisasi sebaliknya selain dilakukan secara langsung kepada lansia, juga dapat dilakukan melalui keluarga terdekat.

Dengan menyasar keluarga terdekat untuk memberitahukan pentingnya vaksinasi, ada harapan efek positifnya bagi orang tua ataupun lansia yang ada di rumah mereka.

Semua aspek tentang vaksinasi harus dijelaskan secara gamblang. Karena, ada kemungkinan, ada lansia yang masih ragu untuk ikut serta dalam vaksinasi Covid-19 akibat banyaknya informasi yang simpang siur mengenai vaksinasi. Stigma negatif tentang vaksinasi harus dapat dikurangi melalui edukasi yang lebih intens.

Joko Sudarmono

Bogor

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN