Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pukul 12.10 WITA, Presiden Joko Widodo meninjau Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang mengalami kerusakan karena gempa di Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Pukul 12.10 WITA, Presiden Joko Widodo meninjau Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang mengalami kerusakan karena gempa di Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Pemetaan Daerah Potensi Bencana

Sabtu, 23 Januari 2021 | 13:00 WIB
Investor Daily

Di musim penghujan ini, bencana alam berupa banjir dan longsor terjadi di beberapa daerah. Kita patut untuk turut prihatin dengan kondisi tersebut. Sembari berharap penanganan terhadap musibah itu bisa dilakukan dengan cepat. Mitigasi bencana tentu perlu disegerakan.

Di sisi lain, musibah ini selayaknya pula dimaknai sebagai memontum untuk melakukan pemetaan potensi bencana. Hal itu kami pikir begitu penting guna mendukung upaya mitigasi dan mengidentifikasi kerentanan wilayah terhadap bencana alam.

Pukul 13.30 WITA, Presiden Jokowi meninjau sungai Martapura dari jembatan Pakauman yang berada di Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. 
Saat meninjau, Presiden didampingi Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala BNPB Doni Monardo, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, Bupati Banjar Khalilurrahman. Foto: Biro Pers-Sekretariat Presiden
Pukul 13.30 WITA, Presiden Jokowi meninjau sungai Martapura dari jembatan Pakauman yang berada di Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. Saat meninjau, Presiden didampingi Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala BNPB Doni Monardo, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, Bupati Banjar Khalilurrahman. Foto: Biro Pers-Sekretariat Presiden

Kami mendukung perlunya identifikasi daerah potensi bencana ini hingga sampai ke tingkatan pemerintahan daerah. Bahkan hingga ke tingkat desa. Secara detail dan akurat. Apakah suatu daerah secara alamiah berpotensi tinggi terhadap bencana atau tidak.

Pada tahap lanjutan, pengelolaan alam dan pembangunan wilayah selayaknya juga berdasarkan peruntukan wilayah yang berbasiskan data pemetaan itu pula. Hal ini untuk memastikan telah dilakukannya pengelolaan yang tepat terkait pengembangan wilayahnya dengan memperhatikan faktor potensi bencana.

Dengan demikian, kebijakan pengembangan wilayah juga akan berorientasi jangka panjang. Kita mesti menyadari bahwa penyebab kejadian bencana bisa jadi karena kondisi alam atau memang karena pengelolaan yang kurang tepat dalam pengembangan wilayah.

Susanto

Surabaya

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN