Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Wisatawan berkunjung ke Desa Wisata di Bali. Foto: Kemenparekraf

Wisatawan berkunjung ke Desa Wisata di Bali. Foto: Kemenparekraf

Semangat Mengembangkan Desa Wisata

Jumat, 18 Juni 2021 | 20:11 WIB
Investor Daily

Pemerintah tengah berusaha membangkitkan kembali kepariwisataan di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang belum tahu kapan akan berakhir. Salah satu dari sekian banyak program yang diapungkan adalah pengembangan desa wisata.

Dalam hal pengembangan desa wisata ini, pemerintah tidak dapat bergerak sendiri, tetapi membutuhkan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan, terkhusus masyarakat desa wisata itu sendiri.

Sebaliknya, masyarakat desa tidak bisa dibiarkan bergerak sendiri tanpa dukungan dari pemerintah.

Sebagai salah satu program pengembangan kepariwisataan Indonesia, pemerintah menggelar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021. Program ini diharapkan mampu mewujudkan visi "Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing, Berkelanjutan dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat".

Rangkaian Sosialisi acara Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 dimulai pada 22 Mei 2021 sampai dengan 25 Juni 2021. Program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 telah diselenggara kan di berbagai kota. Yang pa tut diapresiasi, ada semangat masyarakat desa yang berhasrat tinggi mencari keunikan lain dan tidak hanya mengandalkan lokasi wisata.

Mereka berusaha menarik para wisatawan untuk berkunjung ke desa, dengan menawarkanpengalaman tersendiri bagi wisatawan yang datang.

Kami berharap semangat yang sama juga muncul di desa-desa yang punya potensi untuk pengembangan desa wisata.

Dalam kaitan ini, seyogianya pemerintah juga terus menggelorakan semangat ini dan memandu pengembangan desa wisata. Peluncuran panduan praktis 10 Langkah Mengembangkan Desa Wisata Hijau yang disusun Proyek Inovasi dan Investasi untuk Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan yang Inklusif (ISED), berdasarkan pengalaman pe ngem bangan Desa Wisata Hijau Bilebante, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, layak ditularkan ke desa-desa lain.

Iwan Jaya

Denpasar

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN