Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Situs streaming online IndoXXI ditutup pemerintah

Situs streaming online IndoXXI ditutup pemerintah

Situs Ilegal Harus Ditindak Tegas

Sabtu, 28 Desember 2019 | 20:34 WIB
Investor Daily

Tahun yang berat bagi penggemar streaming film online, khususnya situs-situs streaming film ilegal. Pasalnya, tepat tanggal 1 Januari 2020 situs INDOXXI resmi ditutup.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan menutup semua situs streaming film ilegal demi melindungi hak cipta dan memajukan industri kreatif tanah air. Teknologi saat ini memberikan kemudahan akses bagi penonton, mereka tidak perlu pergi ke bioskop untuk menonton film, tetapi mereka dapat menonton melalui internet secara gratis yang merupakan hasil salinan sempurna dan telah diproses secara digital dengan sangat mudah diduplikasi menggunakan kecanggihan teknologi.

Streaming film online bisa berdampak buruk dan memiliki bahaya tersendiri bagi pengguna dan negara. Ada beberapa alasan mengapa situs ilegal harus ditindak tegas oleh pemerintah.

Pertama, Melindungi Hak Cipta. Kegiatan streaming film online yang dapat diakses secara gratis, merupakan pelanggaran hak cipta karena tidak mempunyai izin secara resmi dari pembuat film asli. Membuat suatu karya atau konten yang resmi merupakan hal yang tidak mudah. Mereka susah payah membuat karya dengan modal yang tidak sedikit demi menghibur para penonton. Karya yang dihasilkan butuh diapresiasi oleh masyarakat dengan cara membeli langsung karyanya di tempat pemutaran film secara resmi atau legal.

Namun, banyak orang yang memodifikasi karya tersebut dan mendistribusikannya ke dunia digital tanpa biaya sepeserpun.

Masyarakat Indonesia khususnya, masih menganggap pelanggaran hak cipta merupakan hal yang dianggap remeh, tumbuh sikap yang acuh apakah sesuatu barang merupakan hasil pelanggaran atau tidak, ini disebabkan karena kesadaran hukum di negara ini masih rendah sehingga upaya perlindungan hukum kurang maksimal.

Kedua, Menjaga stabilitas perekonomian Indonesia. Situs streaming film ilegal dapat menganggu perekonomian Indonesia. Adanya situs tersebut mengakibatkan dampak negatif pada industri perfilman yang amat sangat dirugikan, contohnya mematikan kreativitas si kreator.

Banyaknya pembajakan film, dapat menyebabkan industri film tidak ingin meneruskan pembuatan karyanya hanya karena tidak ada input yang didapatkan karena bisa menonton film yang sudah mereka buat tanpa biaya.

Jika dilihat dari sektor penerimaan dan pendapatan negara melalui pajak penghasilan hak cipta, menonton film secara ilegal membuat negara tidak dapat pemasukan yang cukup untuk sumber dana pembangunan, maka perlunya memblokir situs ilegal adalah untuk menjaga iklim investasi dengan perusahaan di luar negeri agar terus menanamkan modal di Indonesia.

Ketiga, Situs Ilegal Dapat Membahayakan Keamanan Perangkat Pengguna. Jika membuka situs streaming film online, banyak tautan atau iklan yang mengarahkan penonton untuk membuka konten tersebut.

Hal seperti ini dapat menyebabkan perangkat yang kita pakai (komputer, ponsel, dan sejenisnya) terinfeksi virus atau malware yang berakibat perangkat kita bekerja dengan sangat lamban.

Selain itu, pengakses situs film online biasanya banyak menghadapi iklan-iklan yang tidak senonoh. Seperti konten pornografi, judi, dan lainnya.

Jadi, apakah anda masih ingin menikmati situs ilegal? Mari mulai mengapresiasi karya orang lain, tidak mahal hanya bermodal menghargai dengan mengonsumsinya secara legal.

Najwa Putri Dianti,  Mahasiswa Semester 1 Program Studi Hubungan Masyarakat Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN