Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pasukan gabungan TN, Polri, dan Satpol PP menggelar patroli kemanusiaan penegakan protokol kesehatan pembubaran kerumunan di jalan. Foto ilustrasi: SP/Joanito De Saojoao.

Pasukan gabungan TN, Polri, dan Satpol PP menggelar patroli kemanusiaan penegakan protokol kesehatan pembubaran kerumunan di jalan. Foto ilustrasi: SP/Joanito De Saojoao.

Televisi Harus Jadi Tuntutan Protokol Kesehatan

Sabtu, 16 Januari 2021 | 09:24 WIB
Investor Daily

Televisi punya peran cukup besar dalam memengaruhi masyarakat, terutama menyebarluaskan perilaku protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran vi rus corona saat ini. Apalagi, masyarakat kita banyak yang suka menonton televisi.

Oleh karena itu, sungguh tepat apa yang diimbau oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 agar stasiun televisi juga menjadi contoh dalam hal penerapan protokol kesehatan bagi masyarakat luas.

Siaran atau program televisi seyogianya benar-benar bisa menjadi tuntutan bagi masyarakat, bukan sekadar tontotan. Lebih memprihatinkan bila televisi jusru menampilkan tayangan figur-figur publik yang tak menjalankan protokol kesehatan yang benar.

Setuju bahwa televisi mesti mengubah penampilan dan fokus pada penerapan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun pada air mengalir. Jika hal positif dalam menerapkan protokol kesehatan ini, kami yakin akan berdampak baik terhadap masyarakat.

Masalah protokol kesehatan benar-benar mesti kita jalankan denan kesadaran penuh akan pen tingnya dan manfaatnya untuk saling melindungi warga bangsa ini dari virus corona yang belum terkendali.

Protokol kesehatan bukan untuk bahan bercanda, dan bukan dianggap hal remeh-temeh. Figur-figur publik yang ditayangkan di televisi mesti benar dalam menerapkan 3M, seperti dalam memakai masker. Sebagai contoh, masker yang seharusnya menutupi bagian mulut dan hidung, malah diturunkan ke bawah.

Perbuatan yang tidak tepat itu jangan terjadi di televisi, dilihat atau disaksikan oleh masyarakat Indonesia, karena dikhawatirkan akan menjadi contoh yang salah. Mari, kita bersungguh-sungguh menerapkan protokol kesehatan yang benar dan berkelanjutan.

Saptono

Depok

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN