Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Sentra vaksinasi bersama BUMN bagi lansia. Foto ilustrasi: BeritasatuPhoto/Joanito De Saojoao

Sentra vaksinasi bersama BUMN bagi lansia. Foto ilustrasi: BeritasatuPhoto/Joanito De Saojoao

Tidak Ragu Vaksinasi Covid-19 di Bulan Ramadan

Senin, 26 April 2021 | 07:21 WIB
Investor Daily

Pemerintah melarang mudik Lebaran tahun ini. Hal itu untuk mencegah penyebaran dan penularan Covid-19. Hal ini belajar dari pengalaman mudik Lebaran tahun lalu, maupun lonjakan kasus Covid-19 di India yang terburu- buru melonggarkan mobilitas warga dan abai pada penerapan protokol kesehatan.

Sebagai ikhtiar mencegah pe nyebaran Covid-19, selain larang mudik Lebaran, program vaksinasi mesti jalan terus meski sedang puasa Ramadan.

Pertama, sudah ada fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) bahwa vaksinasi di bulan Suci Ramadan diperbolehkan. Pelaksanaan penyuntikan vaksinasi Covid-19 pada saat bulan Suci Ramadan tidak membatalkan ibadah puasa. Dinyatakan bahwa proses vaksinasi tidak termasuk hal yang dapat membatalkan puasa seperti masuknya makanan atau cairan dari lubang-lubang anggota tubuh manusia yang terbuka ke dalam perut.

Namun, seperti disampaikan ahli patologi, dalam pelaksanannya seyogianya tetap mempertimbangkan kondisi kesehatan calon penerima vaksin. Atau, ada baik nya pula vaksinasi dilakukan pada malam hari.

Intinya, masyarakat untuk tidak ragu menjalani vaksinasi Covid-19 saat menjalankan ibadah puasa. Yang terpenting kita harus yakin bahwa kondisi kita fit.

Vaksinasi merupakan usaha bersama sebagai bagian dari ikhtiar untuk menangani Covid-19. Mari kita niatkan vaksinasi ini se moga mendapat berkah dari Allah SWT, sehingga akhirnya membantu mengatasi pandemic Covid-19.

Terakhir, kita berdoa bersama, agar ada kelancaran pasokan vaksin Covid-19, ketika nega ranegara lain juga membutuhkan vaksin yang sama. Dengan demikian, target vaksinasi nasional Covid-19 sebanyak 170-an jutapenduduk Indonesia bisa segera tercapai.

Rayhan Putra

Depok

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN