Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Gedung LIPI di Jakarta. Foto ilustrasi: Investor Daily/Gora Kunjana

Gedung LIPI di Jakarta. Foto ilustrasi: Investor Daily/Gora Kunjana

Jaga Kebersihan Pakaian Selama Pandemi Covid-19

Jumat, 7 Agustus 2020 | 11:19 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Dalam mencegah penularan Covid-19, masyarakat wajib menaati protokol kesehatan. Salah satunya adalah menjaga keberhasihan diri. Selain sering mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, menyemprot ruangan dengan disinfektan, juga disarankan menjaga kebersihan pakaian.

Sejumlah pakar kesehatan mengungkapkan Covid-19 juga dapat menular dari benda mati, seperti pakaian. Hal itu terbukti pada kasus ibu dan dua anak di Cileungsi, Kabupaten Bogor, beberapa waktu lalu. Keduanya dinyatakan positif Covid-19 karena terpapar virus dari pakaian sang ayah.

Untuk itu, sangatlah penting menjaga kebersihan pakaian selama pandemi ini.

Belakangan ini muncul sebuah video yang menunjukkan bahwa salah satu pewangi pakaian merek lokal disebut bisa membunuh kuman lantaran mengandung Alkyl Dimethylbenzyl Ammonium Chloride atau Benzalkonium klorida. Zat tersebut dikenal sebagai bahan aktif untuk disinfektan yang dapat membunuh kuman, bakteri, dan virus.

Saat menanggapi kabar tersebut, peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Chandra Risdian mengatakan  Alkyl dimethlyl benzyl ammonium chloride memang termasuk quaternary ammonium yang bisa membunuh virus pada konsentrasi minimal 0.05%.

“Kandungan kimia itu bisa membunuh virus corona melalui disinfeksi benda mati,” katanya dalam keterangan pers diterima Jumat (7/8).

Namun, meski mengandung zat disinfektan, bukan berarti pewangi pakaian itu boleh langsung disemprotkabn ke tubuh atau dicampurkan dengan bahan lain. Sebab bisa berbahaya.

Salah satu produk yang mengandung bahan aktif Alkyl dimethlyl benzyl ammonium chloride yakni Kispray. Untuk mencegah virus corona, digunakan dengan menyemprotkannya ke pakaian atau permukaan benda mati lainnya sepertisofa, sepatu, helm, atau jok kendaraan.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN