Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Obat Tetes Mata

Obat Tetes Mata

Jangan Simpan Obat Tetes Mata setelah Sembuh

Kamis, 6 Agustus 2020 | 11:58 WIB
Mardiana Makmun (mardiana@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Suka menyimpan obat tetes mata walaupun mata tak sakit lagi? Mulai sekarang, sisa obat tetes mata setelah mata yang sakit sembuh harus dibuang.

“Obat tetes mata tak boleh disimpan kalo mata sudah sembuh. Hanya boleh dipakai selama sakit saja karena obat tetes mata harus steril,” jelas Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia Apt Drs Nurul Falah Eddy Pariang dalam diskusi bertema Dagusibu (Dapatkan, Gunakan, Simpang, dan Buang Obat dengan Bijaksana) yang digelar Nina Nugroho Solution secara online, Rabu (5/8/2020),

Selama mata belum sembuh, ujar Nurul, obat tetes mata yang sudah dibuka, boleh dipakai lagi asalkan setelah pemakaian ditutup rapat. “Setelah dipakai, ditutup rapat untuk menghindari terkontaminasi kotoran dan bakteri,” tegas Nurul.

Saat ini, ada juga obat tetes mata sekali pakai. Bahkan, ada obat tetes mata yang harus disimpan dalam kondisi dingin di dalam lemari pendingin. “Jadi, memperhatikan aturan-aturan yang diberikan apoteker,” kata Nurul.

Nurul mengingatkan, cuci tangan terlebih dahulu sebelum memakai obat tetes mata. Lalu membersihkan mata. Saat akan meneteskan, menekan kelopak mata dengan ujung jari, lalu diteteskan. “Jangan mengedip-ngedipkan mata, karena obat akan keluar lagi. Tutup saja mata agar obat tak keluar lagi,” saran Nurul yang juga menjabat Komisaris PT Kimia Farma Tbk.

Apabila mata sudah sembuh, namun obat mata masih ada sisa, segera buang obat tersebut. “Membuangnya pun ada aturannya. Buang cairan obat mata, baru kemudian buang kemasannya, supaya tidak disalahgunakan orang lain,” ujar Nurul.

Untuk obat tetes telinga, Nurul mengatakan, ada obat tetes telinga berbentuk suspensi. “Untuk bentuk suspensi, sebelum dipakai sebaiknya dikocok lebih dulu,” jelas Nurul.

Berbaring, tarik sedikit telinga ke atas dan meneteskan obat tetes telinga. “Setelah diteteskan, biarkan berbaring selama 5 menit supaya obat sampai pada reseptor,” ujar Nurul.

Editor : F Rio Winto (rio_winto@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN