Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
ilustrasi perusahaan SABIC  yang merupakan perusahaan petrokimia yang menyediakan beragam bahan kimia

ilustrasi perusahaan SABIC yang merupakan perusahaan petrokimia yang menyediakan beragam bahan kimia

SABIC Dukung Kebutuhan Alat Kesehatan untuk Penanganan Pandemi Covid-19 

Senin, 10 Agustus 2020 | 22:11 WIB
Imam Suhartadi (imam.suhartadi@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Pandemi Covid-19 membuat kebutuhan akan alat-alat kesehatan meningkat. Tak dapat dipungkiri bahwa pada saat pandemi seperti saat ini alat-alat kesehatan yang dibutuhkan oleh Rumah Sakit, seperti alat pelindung diri, masker, test kit, dan ventilator menjadi sangat penting. 

SABIC merupakan perusahaan petrokimia yang menyediakan beragam bahan kimia, berkontrbusi untuk menyediakan bahan baku kimia untuk memproduksi alat-alat kesehatan tersebut.

“Bahan baku yang diproduksi oleh SABIC untuk mendukung perusahaan mitra dalam memproduksi alat kesehatan, antara lain; termoplastik (bahan baku yang sangat dibutuhkan untuk pembuatan ventilator dan masker respirator), polypropylene (PP) yang berguna untuk pembuatan alat pelindung, masker dan baju medis, pompa infus, monitor dan perangkat diagnostik, yang membantu untuk menyelamatkan kondisi pasien di rumah sakit,” kata Janardhanan Ramanujalu, Vice President & Regional Head, SABIC South Asia & ANZ dalam keterangan tertulisnya Senin (10/8).

Dengan jaringan perusahaan yang luas, lanjut dia, pihaknya menyediakan dan mengirim bahan baku yang dibutuhkan oleh para pelanggan, SABIC dengan cepat dapat mengirimkan bahan baku yang dibutuhkan dengan tepat waktu, sehingga alat-alat kesehatan dapat segera diproduksi dan digunakan untuk menyelamatkan banyak orang di tengah pandemi ini.

Industri kimia telah memainkan peran penting dalam perang melawan pandemi; sejumlah pabrik kami tetap diizinkan beroperasi dengan sepenutnya mematuhi semua peraturan setempat serta menerapkan pedoman kesehatan dan keselamatan yang selaras dengan pemerintah setempat dan pedoman dari World Health Organization.

“Oleh karena itu, kami dapat menjawab perubahan permintaan yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan memanfaatkan sumber daya global kami yang ada, jaringan strategis fasilitas manufaktur dan distribusi, serta tim dan mitra di sejumlah negara untuk memprioritaskan pesanan bahan-bahan untuk produksi peralatan kesehatan yang sangat dibutuhkan agar dapat memenuhi permintaan yang kian meningkat,” katanya.

Pandemi COVID-19 adalah situasi yang unik dan terus berkembang. Namun demikian di tengah ketidakpastian ini, kami yakin akan ketahanan dan kekuatan operasional serta rantai pasokan yang kami miliki, dan peluang yang ada untuk tetap tumbuh dalam jangka panjang.

Selain itu, kolaborasi yang erat antara SABIC dan pelanggan telah menghasilkan pengembangan yang cepat dari solusi inovatif yang sangat dibutuhkan untuk mengatasi berbagai tantangan besar yang disebabkan oleh pandemi.

Sebagai contoh, pihaknya bekerja sama dengan berbagai pelanggan dan pihak ketiga agar dapat bekerja sepanjang waktu untuk memprioritaskan permintaan dari industri kesehatan dan berhasil mengoptimalkan waktu tunggu produksi hingga 50 persen lebih cepat, meskipun di tengah tantangan pasokan dan logistik yang disebabkan oleh COVID-19.

“Kami juga mengintegrasikan tim layanan bisnis yang handal, baik di tingkat kawasan maupun tingkat global, agar lebih cepat dalam pengambilan keputusan dan perencanaan keberlanjutan bisnis kami. Ini memungkinkan kami menilai potensi risiko logistik, meningkatkan daya tanggap untuk pelanggan, dan mengembangkan rencana mitigasi untuk mengatasi berbagai situasi, memungkinkan kelancaran jalannya operasi,” ujarnya.

Sejak adanya wabah, SABIC telah melihat adanya peningkatan permintaan bahan baku untuk memproduksi alat pelindung diri, tes kit COVID-19, ventilator dan peralatan perawatan intensif, bahan yang digunakan untuk pembangunan rumah sakit yang cepat, layar dan lapisan pelindung, dan kemasan untuk makanan dan sanitizer di seluruh Asia maupun di seluruh dunia.

“Kami memahami bahwa kecepatan adalah kunci dalam menyelamatkan jiwa. Mengingat kebutuhan yang mendesak di sektor perawatan kesehatan, kami secara proaktif berkolaborasi dengan pelanggan kami di berbagai wilayah dan industri, untuk memprioritaskan permintaan dan mengarahkan sumber daya untuk berinovasi dan mengembangkan solusi yang diperlukan untuk mengatasi dan menjawab tantangan di kebutuhan kesehatan,” ujarnya.

SABIC telah membangun basis teknologi dan inovasinya selama bertahun-tahun dengan mengembangkan bahan baku yang dapat membantu mengatasi tren penting di sektor medis termasuk portabilitas, peningkatan penggunaan obat-obatan biologis, pengurangan infeksi terkait pelayanan kesehatan dan perubahan peraturan untuk peralatan medis dan produk farmasi.

Bahan baku ini digunakan dalam berbagai alat aplikasi medis termasuk peralatan bedah medis; pembuatan, pengemasan dan distribusi obat-obatan; botol dan termos yang digunakan dalam fasilitas penelitian klinis, serta pemindai CT dan MRI.

Dalam penggunaan alat aplikasi ini, portabilitas dan daya tahan adalah hal utama yang dibutuhkan pada bahan baku plastik yang memiliki daya tahan terhadap bahan-bahan desinfektan kimia yang semakin kuat, yang dapat menyebabkan keretakan dan tekanan, dan mengurangi kekuatan dan kualitas peralatan medis. 

“Kami bangga dengan kolaborasi yang berfokus pada pelanggan di tengah krisis, dan menjadikan ini sebagai perjuangan bersama untuk melindungi kehidupan banyak orang. Sejumlah pelanggan Indonesia telah meminta bahan-bahan yang digunakan dalam tes kit COVID-19, masker dan pelindung wajah (face-shield),” tambahnya.

Sementara kita menyongsong normal baru, saat ini plastik tetap memainkan peran integral dalam melindungi masyarakat, terutama ketika pembatasan kegiatan sosial mulai berkurang. Selain itu, alat pelindung diri dan lapisan pelindung yang digunakan di ruang publik dan kantor untuk mencegah penularan virus dan melindungi kesehatan masyarakat.

Sebagai perusahaan global, SABIC memiliki portofolio produk yang beragam mulai dari bahan kimia, komoditas hingga plastik berkinerja tinggi dan nutrisi pertanian. Pusat pengiriman di Singapura dan Malaysia juga menawarkan kecepatan pengiriman ke pasar Indonesia, pelayanan pelanggan yang lebih baik, dan manajemen inventaris yang efisien.

SABIC adalah perusahaan global yang memproduksi beragam bahah kimia, berkantor pusat di Riyadh, Arab Saudi. SABIC memproduksi berbagai jenis produk yang berbeda dalam skala global di Asia Pasifik, Timur Tengah, Eropa dan Amerika. Produk yang dihasilkan meliputi: bahan kimia, komoditas dan plastik berkinerja tinggi, nutrisi pertanian dan logam.



 

Editor : Imam Suhartadi (imam_suhartadi@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN