Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Produksi Mesin Mobil Listrik, Pindad Investasi Rp 20 Miliar

Rabu, 15 Agustus 2012 | 15:39 WIB
Antara (redaksi@investor.id)

BANDUNG - PT Pindad berencana untuk memproduksi secara massal motor permanent magnet guna mendukung proyek mobil listrik nasional. Produksi motor permanent magnet secara massal ini diperkirakan menelan investasi sebesar Rp 20 miliar.

Direktur Utama PT Pindad Adik Avianto menegaskan PT Pindad akan ikut serta dalam pembuatan mobil listrik nasional dengan membuat motor permanent magnet. Saat ini, Pindad tengah membuat prototype motor permanent magnet dengan kemampuan setara dengan mesin 750 cc.

Namun, menurut Adik, kedepan, setelah prototype tersebut selesai, pihaknya akan membuat industrialisasi motor permanent magnet 50 KW setara dengan kapasitas 1500 cc yang akan segera dimulai pada September 2012. Sedangkan produksi massal produk tersebut rencananya dimulai pada Oktober 2013 dengan kapasitas 15.000 per tahun atau 75 per hari.

"Investasi yang dibutuhkan adalah Rp 20 miliar dengan tenaga kerja sebanyak 13 orang," ujar Adik dalam siaran persnya, hari ini.

Untuk produksi motor tersebut, menurut Adik, Pindad pun bekerjasama dengan  sejumlah perusahaan nasional lainnya. Perusahaan tersebut yakni PT Len  Industri untuk pengembangan dan produksi inverter, battery management  system, charging system dan DC-DC converter mobil listrik.

Lalu, PT Nipress Tbk untuk pengembangan dan produksi baterai lithium ion. Kemudian PT Hikari Solusindo Sukses untuk pengembangan dan produksi chip  controller dan PT Respati Solusi Rekatama untuk pengembangan dan produksi display unit. Sedangkan dengan PT Krakatau Steel untuk pengembangan dan produksi laminating sheet untuk core motor. (ID/agustiyanti)

Editor :

BAGIKAN