Menu
Sign in
@ Contact
Search

Pupuk Iskandar Muda Beli Gas Tangguh US$ 24 Juta

Selasa, 26 Februari 2013 | 20:17 WIB
Antara (redaksi@investor.id)

JAKARTA - PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) membeli satu kargo gas alam cair Tangguh senilai 24 juta dolar AS atau setara Rp 233 miliar.

Deputi Pengendalian Komersial Satuan Kerja Khusus Pelaksana Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Widhyawan Prawiraatmadja di Jakarta, Selasa mengatakan, pasokan gas Tangguh ke PIM tersebut menjadi produksi pertama kilang tersebut dimanfaatkan konsumen domestik. "Secara total, nantinya PIM dialokasikan enam kargo dari Kilang Tangguh," katanya.

Sebelumnya, produksi LNG Tangguh seluruhnya diekspor ke China, Korea Selatan, dan Amerika Serikat. Surat Kesepakatan (letter of agreement) mekanisme swap kargo pertama LNG Tangguh itu telah ditandatangani Senin (25/2).

Surat Kesepakatan itu ditandatangani SKK Migas, PT Pertamina (Persero), ExxonMobil Oil Indonesia, PIM, dan BP Berau Ltd.

Widhyawan mengatakan, gas Tangguh masuk ke PIM melalui mekanisme pertukaran (swap) dengan Kilang Arun, Aceh. Teknisnya, Kilang Arun akan mengalihkan gas yang seharusnya diekspor ke Kogas, Korea kepada PIM melalui pipa.

Sebagai gantinya, Kilang Tangguh akan mengapalkan LNG, dengan jumlah gas yang sama, ke Kogas. Mekanisme swap dilakukan karena PIM tidak mempunyai fasilitas terminal sebagai penerima kargo LNG Tangguh.

"Jadi walaupun PIM tidak punya terminal LNG, tetapi gas dari Tangguh sudah dimanfaatkan konsumen domestik, dalam hal ini sebagai bahan baku pupuk," ujarnya.

Ia menambahkan, alokasi Tangguh tersebut berasal dari pengalihan kontrak dengan Sempra Energy, AS.

Menurut dia, total volume Tangguh eks Sempra yang dialihkan untuk memenuhi kebutuhan domestik tahun 2013 sebanyak 20 kargo. "Ini komitmen kami memprioritaskan pasokan gas untuk domestik," katanya. (Investor Daily/tk/ant)

Editor :

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com