Menu
Sign in
@ Contact
Search

Pelni Tambah 3 Kapal Tol Laut

Senin, 4 April 2016 | 17:50 WIB
Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

JAKARTA- PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) menambah tiga kapal tol laut pada 2017 guna memperlancar arus barang dari Barat ke Timur Indonesia. Dengan penambahan tersebut total kapal yang akan dijalankan untuk tol laut menjadi sembilan.

"Tahun depan akan kita tambah tiga lagi agar disparitas harga di Barat dan Timur bisa diturunkan lagi," kata Direktur Komersial PT Pelni Harry Boediarto dalam peluncuran Sistem Informasi Manajemen Lalu Lintas Angkutan Laut (Simlala) di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin.

Harry mengatakan rencana itu didorong oleh tujuan penurunan disparitas harga hingga 30% yang dinyatakan oleh Kementerian Perdagangan beberapa waktu lalu.

Kapal-kapal tersebut, dia menyebutkan, akan dibeli dengan penyertaan modal negara (PMN) 2015 senilai Rp500 miliar dengan kapasitas 350-500 TEUs.

Terkait rute, dia mengatakan, belum ditentukan dan masih dalam pembahasan, namun yang terpenting menghubungkan sejumlah wilayah dengan daerah-daerah terpencil.

Saat ini Pelni telah menjalankan empat rute tol laut dengan empat kapal dan tahun ini akan bertambah lagi dua kapal untuk dua rute. "Juni atau Juli ini dua kapal itu akan dikirim, ini nantinya akan seperti kapal perintis, tadinya hanya sedikit, sekarang sudah mencapai 96 trayek," katanya.

Dia mengatakan terhitung per Maret 2016, distribusi pengiriman bahan pokok meningkat menjadi 60-80 kontainer, dibanding pada awal pengoperasian, Desember 2015-Januari 2016 hanya belasan kontainer.

Harry menambahkan kondisi itu juga didorong oleh Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 Tentang Perdagangan dan Peraturan Pemerintah Ketahanan Pangan, UU Pembangunan Daerah Tertinggal untuk mendistribusikan lebih banyak bahan pangan, seperti garam, rumput laut dan bahan-bahan turunan terigu yang sebelumnya tidak diperbolehkan.

"Dari pelabuhan juga distribusinya langsung ke pusat pasar, jadi harganya bagus (rendah)," katanya.

PT Pelni ditugaskan untuk menjalankan program tol laut sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 106 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik untuk Angkutan Barang dalam rangka Pelaksanaan Tol Laut.

Pelni ditugaskan untuk menjalankan enam trayek tol laut tahun ini. (gor/ant)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : ANTARA

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com