Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau masyarakat melakukan mudik Lebaran lebih awal untuk menghindari kemacetan parah. Hal ini disampaikan dalam konferensi per secara daring di Jakarta, Senin (18/4)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau masyarakat melakukan mudik Lebaran lebih awal untuk menghindari kemacetan parah. Hal ini disampaikan dalam konferensi per secara daring di Jakarta, Senin (18/4)

Presiden Jokowi Bertemu PM Jepang, Bahas Proyek MRT & Pelabuhan Patimban 

Jumat, 29 April 2022 | 09:23 WIB
Novy Lumanauw (novy@investor.co.id)

BOGOR, invesot.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menerima kunjungan kenegaraan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat,  Jumat (29/4/2022). Menurut laman resmi Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia, PM Kishida  akan berada di Indonesia selama  29-30 April 2022.

Indonesia menjadi negara  pertama yang akan dikunjungi  PM Kishida  dalam lawatan ke luar negerinya kali ini. Kunjungan ke Asia Tenggara  adalah yang kedua  bagi PM Kishida, setelah ke Kamboja selaku Ketua ASEAN, pada  Maret 2022.

Bagi Jepang,  kawasan Asia Tenggara memiliki arti penting dan  secara khusus dalam rangka memperingati Kemitraan Strategis RI-Jepang, yang akan berusia 65 tahun,  pada 2023.

Rencananya, selama berada di Indonesia, PM Kishida selain akan diterima  Presiden Jokowi  di Istana Bogor,  juga dijadwalkan untuk meletakkan karangan bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata dan menggelar   pertemuan lainnya pada  30 April 2022.

Dalam pertemuan di Bogor, kedua pemimpin akan membahas mengenai upaya bersama keluar dari pandemi Covid-19 dan mempercepat pemulihan ekonomi di masing-masing negara dan di kawasan.

Jepang adalah negara tujuan ekspor terbesar ketiga dan investor terbesar kelima bagi Indonesia. Kerja sama pembangunan dan infrastruktur juga intensif, yang  terlihat pada proyek-proyek flagship yang kini sedang dikembangkan, seperti MRT Jakarta dan Pelabuhan Patimban.

PM Kishida dan Presiden Jokowi juga diharapkan akan membahas mengenai isu-isu di kawasan dan dunia yang menjadi perhatian bersama, termasuk presidensi dan isu-isu prioritas Indonesia di G20 tahun ini.

PM Kishida dilantik menjadi Kepala Pemerintahan Jepang, pada  4 Oktober 2021, menggantikan  Suga Yoshihide. PM Kishida pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan Jepang. Kunjungan PM Jepang ke Indonesia terakhir kali dilakukan  PM Suga, pada  Oktober 2020.

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN