Menu
Sign in
@ Contact
Search
Berbagai jenis mata uang digital atau cryptocurrency. ( Foto: Ina Fassbender / AFP )

Berbagai jenis mata uang digital atau cryptocurrency. ( Foto: Ina Fassbender / AFP )

Pasar Kripto Tembus US$ 2,0 Triliun

Rabu, 14 April 2021 | 06:19 WIB
Grace Eldora (grace.eldora@beritasatumedia.com)

LONDON, investor.id – Pasar mata uang digital cryptocurrency tumbuh sangat pesat pada 2021 dan sekarang kapitalisasinya sudah tembus US$ 2,0 triliun. Karena pasar yang baru muncul 12 tahun terakhir ini semakin menarik perhatian dari nama-nama besar di Wall Street.

Bitcoin selaku mata uang kripto paling terkenal mencapai rekor tertinggi di atas US$ 62.000 pada Selasa (13/4). Sementara pasar cryptocurrency Coinbase bersiap untuk diluncurkan di Wall Street. Harga bitcoin mencapai US$ 62.377 atau naik 114% sejak awal tahun. Setelah mengalami penurunan pada 2018, nilai bitcoin kembali pulih dan telah mencetak rekor sejak akhir tahun lalu.

Nilainya meroket dari sekitar US$ 12.000 pada Oktober menjadi lebih dari US$ 60.000 sebulan yang lalu. Kedatangan bursa kripto Coinbase di Nasdaq pada Rabu (14/4) adalah salah satu yang peristiwa yang paling diantisipasi di Wall Street tahun ini. Antusiasme untuk memecahkan rekor bitcoin sedang berkembang pesat, meskipun ada pertanyaan tentang keberlanjutan pasar tersebut.

Coinbase akan terdaftar di bawah simbol COIN, dengan perusahaan tergolong kelas berat. Perkiraan nilai Coinbase bervariasi tergantung pada cara penghitungannya, tetapi kapitalisasinya diperkirakan berkisar dari US$ 70-100 miliar.

Itu akan menjadikannya penawaran umum perdana terbesar untuk perusahaan Amerika Serikat (AS) sejak listing Facebook pada 2012.

Didirikan pada 2012, platform ini memungkinkan pengguna untuk membeli dan menjual sekitar 50 cryptocurrency. Pasar cryptocurrency telah tumbuh secara eksponensial pada 2021 dan sekarang bernilai US$ 2,0 triliun, semakin menarik minat dari nama-nama besar di Wall Street.

Coinbase memilih pendaftaran langsung, yang tidak memungkinkannya mengumpulkan dana baru tetapi menawarkan pemegang saham, antara lain pendiri, karyawan dan investor lama, kesempatan untuk menjual saham mereka di pasar.

Spotify, Slack, Palantir, dan Roblox juga telah menggunakan metode ini untuk debut Wall Street.

Hampir 115 juta saham Coinbase akan ditempatkan di pasar. Harga referensi mereka diumumkan Selasa (13/4). Demikian dilansir AFP.

Sementara siapa pun dapat menambang bitcoin baru. Untuk melakukannya membutuhkan pusat data raksasa, yang telah mengarah ke platform seperti Coinbase menyediakan cara perdagangan mata uang kripto.

Bank dan layanan pembayaran seperti Paypal mengizinkan transaksi dalam mata uang digital tertentu. Terlepas dari volatilitas dan keterbatasan bitcoin yang baru berusia 12 tahun sebagai alat pembayaran, bitcoin dipandang sebagai penyimpan nilai untuk menyaingi dan mungkin suatu hari melampaui emas sebagai investasi surga (haven investment), misalnya dalam menghadapi inflasi yang tinggi.

Raksasa mobil listrik Tesla telah menginvestasikan US$ 1,5 miliar dalam bitcoin dan pada Maret mulai menerima mata uang tersebut sebagai pembayaran.

 

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com