Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi chip memori. ( Foto: REUTERS / Kim Kyung Hoon )

Ilustrasi chip memori. ( Foto: REUTERS / Kim Kyung Hoon )

GlobalFoundries Bangun Pabrik Chip US$ 4 M di Singapura

Rabu, 23 Juni 2021 | 06:35 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

SINGAPURA, investor.id – Perusahaaan semikonduktor GlobalFoundries, yang berkantor pusat di Amerika Serikat (AS), pada Selasa (22/6) mengumumkan rencana investasi US$ 4 miliar untuk membangun pabrik fabrikasi baru di Singapura guna memenuhi permintaan chip global yang luar biasa.

Menurut GlobalFoundries, lebih dari US$ 4 miliar yang akan diinvestasikan dalam pembangunan fasilitas baru itu melibatkan kemitraan dengan Dewan Pengembangan Ekonomi Singapura (Singapore Economic Development Board) dan investasi bersama dari para pelanggan yang berkomitmen.

“Fasilitas baru kami di Singapura akan mendukung pasar end-market yang tumbuh cepat di segmen otomotif, mobilitas 5G, dan perangkat aman dengan perjanjian pelanggan jangka panjang yang sudah ada,” ujar Chief Executive Officer (CEO) GlobalFoundries Tom Caulfield dalam pernyataan, yang dikutip CNBC.

Upacara peletakan batu pertama pembangunan pabrik itu telah dilakukan secara virtual dengan dihadiri antara lain oleh Menteri Transportasi Singapura S Iswaran, serta Managing Director dan Group CEO Mubadala Investment Company, Khaldoon Khalifa Al Mubarak.

Mubadala merupakan perusahaan investasi negara Uni Emirat Arab, yang juga memiliki GlobalFoundries.

“Industri semikonduktor adalah pilar utama sektor manufaktur Singapura. Investasi luar biasa baru GlobalFoundries ini menjadi bukti daya tarik Singapura sebagai titik pertemuan global untuk manufaktur dan inovasi canggih,” kata Beh Swan Gin, ketua Dewan Pengembangan Ekonomi Singapura dalam sebuah pernyataan.

Pentingnya Pengecoran

Semikonduktor adalah komponen penting yang memberi daya pada semua jenis elektronik, mulai dari ponsel cerdas, komputer hingga sensor rem di mobil. Produksi mereka melibatkan jaringan kompleks perusahaan yang merancang chip, perusahaan yang memproduksinya, serta yang memasok teknologi, bahan, dan mesin untuk melakukannya.

GlobalFoundries disebut perusahaan pengecoran logam murni, dengan pabrik-pabrik yang tersebar di AS, Jerman, dan Singapura. Foundries adalah perusahaan yang dikontrak oleh perusahaan semikonduktor untuk membuat chip. Sedangkan GlobalFoundries memproduksi semikonduktor yang dirancang oleh AMD, Qualcomm, dan Broadcom.

Isu kekurangan chip global juga telah menyoroti pentingnya pengecoran logam, yang menginvestasikan dana miliaran di lini produksi baru dan peralatan yang ditingkatkan demi memenuhi lonjakan permintaan.

Menurut data TrendForce, Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) adalah perusahaan pengecoran logam terbesar di dunia berdasarkan pangsa pasar dan pendapatan. Korporasi ini memiliki sekitar 56% pangsa pasar, kemudian disusul oleh Samsung (18%), UMC (7%) dan GlobalFoundries (7%).


 

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN