Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Perdana Menteri India Narendra Modi menyampaikan pidato kenegaraan dari Benteng Merah selama perayaan Hari Kemerdekaan India di New Delhi, pada 15 Agustus 2021. ( Foto: MONEY SHARMA / AFP )

Perdana Menteri India Narendra Modi menyampaikan pidato kenegaraan dari Benteng Merah selama perayaan Hari Kemerdekaan India di New Delhi, pada 15 Agustus 2021. ( Foto: MONEY SHARMA / AFP )

India akan Luncurkan Rencana Anggaran Infrastruktur US$ 1,35 T

Senin, 16 Agustus 2021 | 06:36 WIB
Grace Eldora (grace.eldora@beritasatumedia.com)

NEW DELHI, investor.id – Pemerintah India akan segera meluncurkan rencana program anggaran infrastruktur senilai 100 triliun rupee (US$ 1,35 triliun) yang akan meningkatkan perekonomian negara. Pengumuman ini disampaikan oleh Perdana Menteri Narendra Modi pada Minggu (15/8), sebagai bagian dari perayaan Hari Kemerdekaan.

Modi, yang memakai sorban berwarna kuning safron cerah, menyampaikan pidato kenegaraan dari Benteng Merah era Mughal abad ke-17 di New Delhi untuk menandai peringatan kemerdekaan India dari pemerintahan Inggris.

Advertisement

Dalam pidatonya, ia menyebutkan bahwa rencana program infrastruktur yang dinamakan “Gati Shakti” bakal membantu meningkatkan produktivitas industri, dan menciptakan peluang kerja bagi jutaan pemuda di India.

“Ini akan membantu para produsen lokal menjadi kompetitif secara global dan juga mengembangkan kemungkinan zona ekonomi baru di masa depan di negara ini,” ujar dia dilansir Bloomberg dari AP.

Sebagai informasi, perekonomian India yang terpukul oleh pandemi virus corona Covid-19 telah mengalami kontraksi 7,3% pada tahun fiskal yang berakhir pada Maret. Para ekonom pun dilanda kekhawatiran bahwa tidak akan terjadi rebound serupa seperti yang terlihat di Amerika Serikat (AS) dan negara-negara dengan kekuatan ekonomi besar lainnya.

Dalam pidato yang berlangsung 90 menit, Modi juga menyampaikan pencapaian pemerintahannya sejak 2014, dan memuji pelaksanaan kampanye vaksinasi virus corona di India.

“Kita bangga bahwa kita tidak harus bergantung pada negara lain untuk memperoleh vaksin Covid-19. Bayangkan apa yang akan terjadi jika India tidak memiliki vaksin sendiri,” katanya.

Sebagai informasi, India telah memberikan lebih dari 500 juta dosis vaksin Covid. Namun upaya vaksinasinya telah dikacaukan oleh langkah-langkahnya yang lambat. Bahkan tercatat, sejauh ini baru sekitar 11% orang dewasa India yang memenuhi syarat dan telah divaksinasi lengkap.

Terkait perubahan iklim, Modi juga menutukan bahwa India berkomitmen untuk memenuhi target pengurangan jejak karbonnya. Dia mengatakan pemerintahannya akan berinvestasi lebih banyak dalam mobilitas listrik, energi matahari dan hidrogen hijau – yang tidak memancarkan karbon dioksida – sebagai bagian dari tujuannya untuk membuat energi India mandiri pada 2047.

Modi mengawali pembukaan pidatonya dengan memuji para atlet India yang ambil bagian dalam Olimpiade Tokyo yang baru saja selesai dilaksanakan di Jepang. Dalam ajang kompetisi olahraga internasional itu, India meraih satu medali emas, dua perak dan empat perunggu.

India merayakan Hari Kemerdekaannya selang sehari setelah tetangganya Pakistan. Seperti diketahui, kedua negara bagian yang terpisah itu muncul sebagai akibat dari pemisahan berdarah India oleh Inggris pada 1947. Proses pemisahan ini memicu beberapa kekerasan komunal terburuk yang pernah disaksikan dunia dan menyebabkan ratusan ribu orang tewas. Hal ini juga yang memicu salah satu migrasi manusia terbesar dalam sejarah, dan sekitar 12 juta orang meninggalkan rumah mereka.

Oleh karena itu, pada Sabtu, Modi mengumumkan bahwa 14 Agustus akan diperingati sebagai Hari Peringatan Partisi Horor (Partition Horrors Remembrance Day).

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN