Menu
Sign in
@ Contact
Search
Tanda pembayaran OVO terlihat di sebuah mal di Jakarta pada 8 November 2018. (Foto: Reuters/Beawiharta)

Tanda pembayaran OVO terlihat di sebuah mal di Jakarta pada 8 November 2018. (Foto: Reuters/Beawiharta)

BI: Pembayaran Lintas Batas Terhubung di 5 Negara Asean Tahun Depan

Rabu, 5 Oktober 2022 | 17:57 WIB
Grace El Dora (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Gubernur Bank Indonesia (BI) pada Rabu (5/10) mengatakan program pembayaran lintas batas antara lima negara perhimpunan Asia Tenggara (Asean) akan terkoneksi secara penuh tahun depan. Kelimanya adalah Thailand, Singapura, Malaysia, Filipina, dan Indonesia.

Gubernur Perry Warjiyo mengatakan pada acara ekonomi Islam bahwa Indonesia telah menghubungkan sistem pembayaran dengan Thailand dan akan segera menghubungkannya dengan Malaysia maupun Singapura. Namun ia tidak memberikan rincian tentang kesepakatan dengan bank sentral Filipina.

Pembayaran Digital

Sementara itu, bank sentral Thailand (BoT) berencana meluncurkan layanan pembayaran digital untuk bisnis pada April tahun depan dengan tujuan memperluas pembayaran lintas batas bersama beberapa negara lain, kata para pejabat pada 15 September 2022.

Baca juga: BI Mulai Seleksi Bank dan Perusahaan Sistem Pembayaran Besar Distribusi Rupiah Digital

Platform PromptBiz akan membantu bisnis melakukan dan menerima pembayaran serta mengirim informasi, mengikuti peluncuran PromptPay pada 2018 yakni platform pembayaran untuk publik.

Budsakorn Teerapunyachai, direktur senior di Bank of Thailand (BOT), mengatakan bahwa PromptBiz bisa menjadi game changer dalam pembayaran bisnis jika mencerminkan penerimaan PromptPay.

Dipercepat oleh permintaan selama pandemi, jumlah transaksi harian yang dilakukan melalui platform PromptPay saat ini rata-rata 36 juta, naik dari 7 juta pada 2019, menurut data BoT.

BoT merencanakan pengiriman uang lintas batas dengan Malaysia, India dan Indonesia, bersama dengan pembayaran lintas batas Respon Cepat (QR) dengan India dan Hong Kong, kata Budsakorn.

Baca juga: Pentingnya Sistem Pembayaran Terintegrasi untuk Go Global

BoT menargetkan pertumbuhan jumlah pembayaran digital secara keseluruhan menjadi 800 per orang per tahun selama tiga tahun ke depan, dibandingkan 370 saat ini, Asisten Gubernur Siritida Panomwon Na Ayudhya.

Editor : Grace El Dora (graceldora@gmail.com)

Sumber : REUTERS

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com