Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kepala Penasihat Medis Gedung Putih untuk Covid-19, sekaligus direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular, Dr. Anthony Fauci. ( Foto: MANDEL NGAN / AFP  )

Kepala Penasihat Medis Gedung Putih untuk Covid-19, sekaligus direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular, Dr. Anthony Fauci. ( Foto: MANDEL NGAN / AFP )

Akhir 2021, Anak-anak di AS Baru Divaksin Covid

Selasa, 2 Maret 2021 | 07:03 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

WASHINGTON, investor.id – Otoritas Amerika Serikat (AS) diperkirakan mulai dapat memberikan suntikan vaksin Covid-19 untuk anak-anak remaja pada musim gugur mendatang. Sementara itu bagi anak-anak dengan usia lebih muda diproyeksikan mendapat vaksin pada akhir tahun ini atau awal 2022.

Demikian disampaikan penasihat pandemi virus corona Gedung Putih, Anthony Fauci pada Minggu (28/2) waktu setempat. Vaksinasi massal terhadap anak-anak usia sekolah akan memungkinkan jutaan anak kembali menjalani pembelajaran tatap muka lebih cepat, dan meringankan beban jutaan orang tua yang saat ini merawat anak-anaknya di rumah.

Di sisi lain, isu pembukaan kembali sekolah-sekolah masih menjadi perdebatan yang intens. Apalagi jadwal pembukaan sekolah-sekolah sangat bervariasi di seluruh negeri, semisal, ada beberapa sekolah swasta dan agama yang dibuka mendahului sekolah umum. Para guru di beberapa daerah juga memprotes jam pemulangan lebih awal.

Sementara itu, keputusan yang dikeluarkan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS atau Food and Drug Administration (FDA) pada Sabtu (27/2), untuk memberikan otorisasi penggunaan darurat terhadap vaksin dosis tunggal baru buatan Johnson & Johnson (J&J) telah meningkatkan prospek pembukaan kembali lebih awal.

“Kami sekarang memiliki tiga vaksin yang benar-benar manjur,” ujar Fauci dalam acara “This Week” ABC, yang dilansir AFP.

Namun untuk saat ini, dari ketiga vaksin Covid-19 resmi di Amerika Serikat (termasuk Pfizer-BioNTech dan Moderna) belum ada yang diberikan izin untuk diberikan kepada anak-anak kelompok usia di bawah 16 tahun. Meski demikian, uji coba pada anak-anak sedang dilakukan.

“Anak-anak usia sekolah menengah – kira-kira berusia 14-18 tahun di AS – seharusnya dapat memperoleh vaksin kira-kira pada musim gugur ini. Saya tidak yakin persis apakah pada hari pertama sekolah dibuka, tapi jadwalnya cukup dekat dengan itu,” kata Fauci dalam acara “Meet the Press” NBC.

Selain itu, data terkait tingkat keamanan dan kemanjuran vaksin untuk anak-anak usia sekolah dasar atau menengah – umumnya di kisaran usia lima dan 13 tahun di AS – masih dikumpulkan.

“Jadi secara realistis mereka mungkin belum dapat divaksin sampai akhir 2021 atau awal 2022,” tambah Fauci.

Sedangkan pada Minggu malam waktu setempat mantan presiden Donald Trump mendesak pemerintahan baru AS untuk membuka kembali sekolah-sekolah.

“Atas nama ibu, ayah, dan anak-anak Amerika, saya meminta Joe Biden untuk membuka sekolah dan membukanya sekarang,” tutur Trump dalam acara Konferensi Aksi Politik Konservatif atau Conservative Political Action Conference di Orlando, Florida.

Sebagai informasi, meskipun pemerintah federal mengeluarkan pedoman tentang kesehatan masyarakat, sebagian besar keputusan untuk kapan membuka kembali ruang-ruang di sekolah bergantung kepada pihak dewan sekolah yang dipilih secara lokal, bukan presiden.

Kasus Jarang

Anak-anak dan remaja sebenarnya lebih jarang terinfeksi virus daripada orang dewasa. Di samping itu pembelajaran tatap muka di sekolah-sekolah belum dikaitkan dengan penularan komunitas yang substansial.

Namun baru-baru ini, surat kabar New York Times melaporkan walau Covid-19 masih melanda AS – yang mana menjadi negara terdampak parah di dunia – sekitar setengah dari siswa saat ini telah bersekolah secara langsung.

Pada awal bulan ini, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS telah mengeluarkan pedoman baru yang mendesak sekolah untuk membuka kembali dengan aman dan secepat mungkin.

Ada pun strategi-strategi yang ditekankan adalah soal pemakaian masker universal, mencuci tangan dan melakukan desinfeksi, serta pelacakan kontak. CDC telah merekomendasikan pemberian vaksin Covid-19 untuk para guru dan staf segera setelah persediaan tersedia, juga menyerukan untuk melakukan pendekatan yang berbeda tergantung pada tingkat penularan komunitas di daerah tertentu.


 

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN